banner 970x250
DAERAH  

Dosen UWP Dukung Geliat Srikandi dari Kampoeng Semanggi Surabaya

SURABAYA,NUSANTARAPOS,-Kampoeng Semanggi nama lain dari Desa Kendung RW 03 yang terletak di wilayah Surabaya Barat, adalah salah satu desa yang sedang berkembang untuk menjadi Desa Wisata Edukasi dan Kuliner Semanggi yang mulai menunjukkan eksistensinya. Sejak diresmikannya Kampoeng Semanggi menjadi salah satu desa binaan PT.Astra Internasional (Kampung Berseri Astra)  yang didukung oleh Universitas Wijaya Putra di tahun 2020, geliat Kampoeng Semanggi mulai terasa. Salah satunya dengan munculnya kelompok usaha bernama Srikandi Semanggi.

Srikandi Semanggi dalam upayanya sebagai volunter untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , dikelola oleh Karang Taruna yang menampung produk usaha dari Ibu-Ibu pelaku UMKM di kampoeng semanggi terutama produk olahan dari semanggi. Endah Supeni dan  Suprayoga sebagai Dosen dari Universitas Wijaya Putra yang dibantu beberapa mahasiswa berinisiatif untuk memberikan pengabdian masyarakat kepada kelompok volunter ini. Bersama  Yuli Ermawati sebagai Koordinator Pilar Kreatif KBA (Kampung Berseri Astra) Kampoeng Semanggi membersamai Srikandi Semanggi dengan memberikan pendampingan motivasi bisnis dan berbagai pelatihan untuk UMKM dalam meningkatkan nilai tambah baik dari segi manajemen produk, pengemasan, hingga pemasaran.

Dengan semangat, usaha keras dan komitmen dari Srikandi Semanggi, kini mereka semakin banyak memiliki produk inovasi olahan semanggi, legalitas usaha/perizinan usaha, sarana pemasaran online, dan sering mengikuti pameran serta bazar UMKM baik yang diselenggarakan oleh pihak swasta maupun pemerintah. “Alhamdulillah dengan adanya dukungan baik moril maupun finansial dari Astra dan UWP, kini Srikandi Semanggi semakin naik daun. Tak hanya pecel semanggi saja, tapi ada juga stik semanggi, lumpur semanggi, lemper semanggi, pudot semanggi, nastar semanggi dan aneka kue kering dan kue basah lainnya tersedia di Srikandi Semanggi. Kedepannya, insya Allah Srikandi Semanggi akan memiliki outlet resmi di Kampoeng Semanggi dan mejeng di e’Peken. Doakan saja ya..,”imbuh Yuli Ermawati