HUKUM  

Usai Dilantik, DPC AAI Jaktim Dibawah Kepemimpinan Mappajanci Siap Hadapi Era 5.0

Disaksikan oleh para pengurus, Ketua DPC AAI Jakarta Timur Mappajanci Ridwan Saleh sedang menerima bendera pataka dari Ketua Umum DPP AAI Amran Hanis.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Jakarta Timur periode 2022 – 2027 dengan struktur sebagai berikut. Pelantikan tersebut setelah pada (8/11/2021) lalu, Mappajanci Ridwan Saleh terpilih secara aklamasi dalam musyawarah cabang luar biasa yang digelar di Leisure Inn Hotel Rawamangun, Jakarta Timur.

Hadir dalam pelantikan beberapa pengurus DPP AAI seperti Ketua Umum Arman Hanis, Wakil Ketua Umum R. Astuti Sitanggang, Sekjen Bobby R. Manalu, Ketua Penasihat sekaligus mantan Ketua Umum M. Ismak, Ketua DPC AAI Jakarta Pusat Andreas Nahot Silitonga serta beberapa tamu undangan antara lain Sekretaris Kota yang mewakili Walikota Jakarta Timur Fredy Setiawan, Ketua Umum AKPI Imran Nating, Dewan Sertifikasi IKAPI Peter Kurniawan.

Selain Mappajanci Ridwan Saleh yang dilantik sebagai Ketua, ada juga Foor Good Manik sebagai Sekretaris, Alamsyah H Sinurat sebagai Ketua Penasihat, Rudy Sihombing sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan beberapa Advokat muda berbakat lainnya masuk ke dalam jajaran pengurus DPC AAI Jakarta Timur periode 2022 – 2027.

Usai pelantikan Foor Good Manik yang juga Ketua Panitia mengatakan alasan kami menunda pelantikan ini yang memakan waktu 1 tahun dikarenakan pada waktu Muscalub yang dilaksanakan 8 November 2021 lalu, kita sedang dihadapkan dengan akan diselenggarakan Munas AAI yang rencananya diadakan di bulan Februari 2022. Dan dalam Rapimnas yang diadakan pad Desember 2021 di Hotel Sultan waktu itu, DPP AAI meminta DPC yang telah melaksanakan Muscab/Muscalub untuk menunda pelantikan sampai terbentuknya DPP AAI yang baru dengan Ketua yang terpilih.

Sektretaris DPC AAI Jakarta Timur sekaligus Ketua Panitia Foor Good Manik sedang memberikan sambutan.

“Oleh sebab itu maka kami menunda untuk melakukan pelantikan, apalagi kita juga ikut saat penyelenggaraan Munas AAI di Bandung yang kemudian gagal karena tidak mendapatkan izin dari satgas covid. Kemudian kita melaksanakan Munas di Makassar dan kita pun hadir di sana sehingga terpilihlah Arman Hanis sebagai ketua umum yang saat ini telah membentjk struktur dibawahnya,” di Ballroom Grand Mangaradja, Jakarta Timur, Jumat (18/11/2022) malam.

Foor Good menjelaskan setelah pelantikan ini, DPC AAI Jakarta Timur dibawah kepemimpinan Mappajanci sebagai Ketua dan saya Foor Good sebagai Sekretaris, sudah mempersiapkan program-program yang rencananya kita akan buat planning itu di bulan Januari sampai 5 tahun ke depan. Karena ini akan menghadapi akhir tahun, maka kita akan mulai bergerak untuk organisasi di bulan Januari mendatang.

“Dimana dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan kegiatan raker (rapat kerja) untuk menetapkan kegiatan-kegiatan apa yang akan dikerjakan, terutama untuk pendidikan Advokat yang sedang kita persiapkan. Selain itu kita juga akan mengadakan pelatihan-pelatihan lainnya yang berkaitan dengan dunia hukum,” ujarnya.

Untuk pendidikan, lanjut Foor Good, kami bersyukur DPP AAI Jakarta telah melaksanakan MoU dengan beberapa Universitas untuk melaksanakan PPA (Pendidikan Profesi Advokat). Yang selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan DPP untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Pengurus DPC AAI Jakarta Timur yang dilantik sedang mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Ketua Umum DPP AAI Amran Hanis.

“Terkait dengan adanya dinamika kepemimpinan AAI yang ada di tingkat DPP, kami DPC AAI Jakarta Timur selalu solid apapun keputusan yang ada di DPP. Apabila ketua umum kita bisa menyatukan kembali, maka kita pun akan siap apapun hasilnya, kalaupun harus ada Muscalub atau Munaslub bersama kita akan mengikutinya demi AAI Satu, Satu AAI,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPC AAI Jakarta Timur Mappajanci Ridwan Saleh dalam sambutannya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana.”Saya memberikan penghasilan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana atas kerja mereka sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,”katanya.

Mappajanci menjelaskan 32 tahun silam sebanyak 210 Advokat mendeklarasikan dirinya untuk membentuk sebuah organisasi yang bernama Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) saat sedang berlangsung Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN). Tujuan dibentuknya AAI adalah agar kita saat menjalankan profesi secara bermartabat guna menjunjung tinggi hukum penegakan hukum dan keadilan.

“Seiring berjalannya waktu lahirlah Undang-undang Advokat sebagai bagian dari perjuangan AAI bersama enam organisasi advokat lainnya. Hari ini DPC AAI Jakarta Timur akan meneruskan semangat itu menjadi bagian dari sejarah penegakan hukum di Indonesia,” ucapnya.

Dengan menunjukkan SK, pengurus DPC AAI Jakarta Timur berfoto bersama dengan pengurus DPP AAI.

Mappajanci mengungkapkan saat ini dunia telah berada pada era industri 5.0, sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan teknologi. Kondisi seperti ini tidak dapat dihindari, apabila ada penolakan atas kemajuan teknologi itu maka akan menyebabkan ketertinggalan yang berefek kepada semua hal tak terkecuali jasa hukum.

“Menyikapi keadaan tersebut, DPC AAI Jakarta Timur telah membentuk komposisi kepengurusan yang di dalamnya terdiri dari 80% generasi muda. Hal ini bertujuan agar saling mengisi antara kecepatan dan pengetahuan teknologi kaum muda dengan kebijaksanaan dan pengalaman para senior, dengan perpaduan tersebut maka diharapkan dua program andalan DPC Jakarta Timur dapat tercapai,” tuturnya.

Lanjut Mappajanci, sebelum kami terpilih berjanji akan menjadikan organisasi ini solid dan profit bagi para anggota. Kami juga akan menghadirkan aplikasi hukum berbasis teknologi yang bertujuan memudahkan para anggota dalam memberikan jasa hukum seperti legal review, legal contrack, prediksi putusan, penelusuran data internal HKI dan sebagainya yang berkaitan dengan hukum.

“Selain itu tentunya DPC Jakarta Timur akan berusaha menghadirkan Advokat yang berkualitas dan bermartabat melalui Pendidikan Ujian dan Pengangkatan Advokat secara selektif agar dapat menjaga marwah organisasi dan menegakkan hukum dengan cara yang benar. Hal itu bisa kita wujudkan dengan cara kerja kerja dan kerja, di kesempatan ini kami juga ingin menegaskan bahwa DPC AAI Jakarta Timur akan selalu setia dan mendukung setiap kebijakan DPP demi kemajuan dan kemaslahatan organisasi,” pungkasnya.