WISATA  

Inilah Enam Desa Wisata Peraih Anugerah Sadewa Trenggalek 2022

Pemberian anugerah festival sadewa kepada enam desa wisata terbaik

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Sebabnyak 6 (enam) desa wisata berhasil meraih anugerah pada ajang bergengsi Festival Sadewa Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tahun 2022. Festival Sadewa tersebut merupakan tindaklanjut dari program seratus desa wisata yang lahir tahun 2021.

Tujuan diadakannya festival abugerah sadewa tersebut untuk memacu pengembangan dan promosi agar menjadi desa wisata yang cerdas, mandiri dan sejahtera. Penyerahan anugerah sadewa kepada enam desa wisata digelar di pelataran pasar pon, Sabtu (26/11/2022).

“Anugerah sadewa ini merupakan tindaklanjut dari program seratus desa wisata yang lahir pada tahun 2021,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sunyoto dalam sambutan malam penganugerahan.

Sunyoto juga menyampaikan bahwa desa wisata yang telah lahir tahun 2021 ini di lombakan dalam enam kategori, mulai dari produk pariwisata, homestay-nya dan kelembagaan yang dijalankan. Dari seluruh penilaian yang telah dilakukan, selanjutnya enam kategori terbaik akan di berikan kepada desa wisata.

Enam desa terpilih mendapatkan sertifikat sesuai kategori masing-masing dan uang pembinaan yang diharapkan dapat membantu pengembangan desa wisata. Pihaknya berterimakasih atas kerja keras dan kerjasama dari seluruh pihak sehingga dapat sukses menghantarkan terselenggaranya anugerah sadewa ini.

“Selamat, yang pasti penerima penghargaan desa wisata ini telah berhasil mentransformasi desanya menjadi destinasi wisata,” tegasnya.

Senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Edy Supriyanto, selamat atas enam desa wisata terpilih, apresiasi baik diberikan kepada seluruh pengelola desa wisata yang mendapatkan penghargaan maupun yang belum dapat masuk dalam anugerah sadewa.

Trenggalek punya potensi yang luar biasa, seniman banyak, budayawan serta alam yang sangat indah. Semoga dengan semangat mengembangkan potensi destinasi wisata di desa bisa mendongkrak secara ekonomi Kabupaten Trenggalek.

Sedangkan tujuan program seratus desa wisata (sadewa) pada tahun 2022 ini untuk memberikan apresiasi kepada pembina pengelola 35 desa wisata di Kabupaten Trenggalek. Meski adanya berbagai dinamika alhasil semua punya greget untuk bisa mengembangkan desa wisatanya.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa memberikan apresiasi beberapa klasifikasi untuk pengelola,” ucapnya.

Dijelaskan Edy, apresiasi yang diberikan mulai dari pengelolaannya, homestay, paket wisatanya dan seluruh yang ada pada kriteria penilaian. Harapan pemerintah sendiri dengan adanya pengelolaan desa wisata yang baik, apalagi ada bentuk anugerah sadewa semoga pengelolaannya jangan berhenti sampai di sini, namun terus kembangkan jauh lebih baik.

Dengan begitu, harapannya dapat merangsang ekonomi secara umum, tidak hanya wisata saja namun juga kuliner yang dapat berjalan, home stay-nya, budaya lainnya juga jalan, semuanya jalan dan ini tujuan akhirnya. Saat penyerahan anugerah sadewa, Sekda ramah tersebut mengucapkan selamat dan terindah atas segala upaya sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Perlu diketahui, ada enam kategori terbaik dalam anugerah sadewa tersebut. Sedangkan penerima desa wisata terbaik sesuai kategorinya yakni Wisata Budaya Dongko Kecamatan Dongko meraih penghargaan Desa Wisata dengan Daya Tarik Wisata Terbaik.

Desa Wisata Tasikmadu Kecamatan Watulimo memenangkan kategori Desa Wisata dengan Kelembagaan Terbaik. Desa Wisata Pandean Kecamatan Dongko menerima penghargaan kategori Desa Wisata Dengan Homestay Terbaik.

Desa Wisata Durensari Sawahan Kecamatan Watulimo meraih penghargaan Desa Wisata dengan Produk Wisata Terbaik. Desa Wisata Tegaren Kecamatan Tugu menerima penghargaan Desa Wisata dengan Ekraf Terbaik.

Desa Wisata Masaran Kecamatan Munjungan berhasil meraih penghargaan kategori Desa Wisata Dengan Pelestarian Alam Terbaik. Para pemenang tersebut meraih piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang langsung diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. (RUDI)