banner 970x250
DAERAH  

APBD Trenggalek 2023 Fokus Akselerasi Ekonomi dan Pemulihan Bencana

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin bersyukur APBD tahun 2023 telah selesai disahkan. Persetujuan Ranperda APBD menjadi Perda tersebut digelar dalam sidang paripurna ke-14 masa sidang 1 tahun 2023 bertempat di aula paripurna gedung DPRD Trenggalek, Senin (28/11/2022).

“Alhamdulillah, APBD tahun 2023 telah disetujui, dengan proses yang berjalan relatif tepat waktu diharapkan tidak ada keterlambatan khususnya dalam hal pelaksanaannya,” pinta Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek tersebut.

Gus Ipin dalam sambutannya juga berpesan kepada jajaran eksekutif untuk bekerja sebaik-baiknya. Terlebih di tahun 2023 dan 2024 di mana memasuki tahun politik, APBD yang yang telah disetujui bersama agar benar-benar dikawal dengan baik.

Diingatkan pula dalam pembahasan bahwa anggaran tahun 2023 ini mengarahkan kepada fokus pemulihan bencana, kemudian juga bagaimana pelaksanaannya untuk mempercepat proses akselerasi ekonomi di masyarakat.

“Jadi jangan lagi ada belanja yang ngendon di tengah-tengah sampai akhir tahun, untuk eksekusinya lelang harus dilakukan mulai bulan februari,” tegasnya.

Pesan tersebut disampaikan karena pihaknya tidak mau lagi ada pekerjaan konvoi di masa anggaran, mending gagal tender berkali-kali tapi dapat penyedia yang qualified.

Dari pada mepet waktu, sehingga menghasilkan seadanya saja dan tidak dilakukan evaluasi lagi akhirnya ketika dikerjakan pelaksana tidak punya modal bahkan kelengkapan lainnya. Apalagi dalam menyusun anggaran yang susahnya setengah mati jangan sampai tinggal nyerap saja tidak terserap.

“Apalagi ada tanggung jawab yang tidak mudah karena pada tahun 2024 Indonesia dituntut untuk bisa mewujudkan nol kemiskinan ekstrim,” tuturnya. (RUDI)