BISNIS  

7 Fakta Menarik Baju Koko yang Punya Kisah Unik

Foto oleh RODNAE Productions: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-orang-memakai-berdoa-8217663/

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Baju koko sudah sangat identik dengan pakaian pria muslim di Indonesia. Biasanya baju koko digunakan untuk ibadah ke masjid atau hari raya umat muslim atau menghadiri acara keagamaan.

Lalu, mengapa disebut baju koko? Padahal kata koko itu identik dengan artinya kakak pada masyarakat Tionghoa. Ternyata ada sejarah yang belum banyak orang ketahui, lho.

Kira-kira apa saja ya fakta menarik dari baju koko yang belum banyak diketahui? Berikut diringkas di artikel kali ini.

7 Fakta Menarik Dari Baju Koko

1.Awal Mula Sejarah Baju Koko

Baju koko itu ternyata berasal dari Asia Tengah. Ini adalah baju tradisional masyarakat Tionghoa yang dikenal dengan nama tui khim.

Baju ini mulanya dikenal di Indonesia tepatnya saat pendatang Tionghoa mengunjungi Batavia. Pakaian ini awalnya menjadi identitas warga Tionghoa, saat mereka didatangkan VOC untuk membangun Batavia.

Dikutip dari Chinese Indonesian Heritage Center, baju tui khim yaitu adalah kemeja gaya Tionghoa tanpa kerah yang dipadukan dengan celana komprang. Orang dengan status ekonomi lebih tinggi dalam budaya orang Tionghoa biasanya mengganti kancing kain dengan kancing berbahan logam mulia.

2.Digunakan Pria Tionghoa pada Abad ke-20

Di abad ke-19, pejabat yang ditunjuk oleh pemerintah kolonial memiliki jaket luar dengan kerah. Kerah dalam kekhasan Eropa adalah elemen yang merupakan simbol pangkat atau status. Terkadang, mereka juga memakai aksesoris kebarat-baratan seperti jam saku.

Pria Tionghoa di Indonesia, masih menggunakan baju Tui-Khim yang sekarang dikenal dengan baju koko ini hingga awal abad ke-20.

Pada umumnya pakaian ini dipadukan dengan celana gombrang atau celana longgar. Baju koko pada saat itu digunakan oleh orang-orang Tionghoa untuk kegiatan sehari-hari.

3.Baju Koko Sering Digunakan Oleh Engko-Engko

Baju Tui-Khim ini sering dipakai oleh pemuda-pemuda Tionghoa yang biasa di Indonesia dipanggil Koko. Maka dari itu, baju ini disebut Baju Koko hingga sekarang.

4.Ada Perbedaan Baju Takwa dengan Baju Koko

Di beberapa daerah di Indonesia, ada masyarakat yang menyebut baju koko sebagai baju takwa. Faktanya, kedua jenis baju tersebut ternyata berbeda.

Baju Takwa tidak diadopsi dari baju Tui-Khim. Baju Takwa merupakan hasil modifikasi dari baju tradisional jawa, yaitu Surjan. Surjan sendiri merupakan salah satu pakaian adat Jawa yang sehari-hari digunakan oleh pria.

5.Baju Takwa itu Digunakan Ketika Upacara Resmi Adat Jawa

Baju Takwa itu sering digunakan oleh pria Jawa untuk menghadiri upacara-upacara resmi adat Jawa. Baju Takwa ini pada umumnya dipadukan juga dengan blangkon dan bebetan. Motif baju Takwa ini biasanya berupa garis-garis vertikal berwarna cokelat muda atau coklat tua.

6.Baju Surjan adalah Asal Baju Takwa

Nah, baju Surjan merupakan versi asli dari baju Takwa. Kalau Anda mau membeli baju Surjan, coba deh mampir ke Pasar Beringharjo, Yogyakarta, bisa juga ke  Pasar Klewer, Solo, atau di pasar souvenir di kawasan wisata lain,  yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7.Perkembangan Baju Takwa dan Baju Koko

Kini, baju Koko bukan lagi hanya berwarna putih polos. Baju Takwa pun nggak selalu bermotif garis-garis vertikal warna coklat seperti yang dikenakan Sunan Kalijaga, lho.

Faktanya, Baju Koko dan Baju Takwa sudah saling berkolaborasi, sehingga sudah semakin jarang menemukan baju yang benar-benar baju Koko ataupun yang benar-benar baju Takwa. Sekarang banyak banget variasinya, dari warna, bentuk dan motifnya.

Kegunaan baju Koko atau baju Takwa ini yang paling utama memang masih untuk kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Namun, sekarang sudah mulai sering pula digunakan di luar kegiatan keagamaan. Misalnya, untuk pergi ke pesta atau kegiatan sehari-hari lainnya.

Salah satu rekomendasi baju koko berkualitas ada dari merek Zayn. Produk baju Koko dari merek Zayn ini terbuat dari bahan berkualitas yang membuat baju ini nyaman dan tidak panas saat digunakan.

Ada beragam produk yang dikeluarkan Zayn, mulai dari warna hingga model menarik yang bisa dipilih.

Anda bisa membeli zayn baju koko ini di Blibli dengan kualitas yang lebih baik, apalagi jika Anda membeli di Blibli tentu saja Anda akan merasakan pengalaman berbelanja yang mengasyikkan karena akan banyak promo dan potongan diskon.

Anda bisa mendapatkannya di Blibli. Ada berbagai jenis warna dan model dari produk Zayn di Blibli. Langsung kunjungi aplikasi Blibli untuk beli zayn baju koko.