Edukasi dan Informasi Bentuk Upaya Cara Cegah Stunting

TEGAL,NUSANTARAPOS,- Kembali, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah melakukan acara sosialisasi penurunan stunting di wilayah Jawa Tengah yang kali ini dilaksanakan di Kabupaten Tegal.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya Kabupaten Tegal terutama anggota MUI Kabupaten Tegal agar mengerti bahaya dan bagaimana cara mengatasi bahaya stunting.

Khofifah, selaku OPD BKKBN Jawa Tengah dalam sambutannya menjelaskan bagaimana terjadinya stunting pada anak yang saat ini masih diangka 24 persen dan perlu penurunan. Karena dari perintah presiden Indonesia Joko widodo untuk di tahun 2024 nanti angka stunting harus turun diangka 14 persen.

“Seperti arahan dari Bapak Presiden RI Joko Widodo, untuk di tahun 2024 nanti angka stunting harus turun hingga diangka 14 persen sehingga harapannya ke depan Indonesia sudah siap menghadapi demografi emas di tahun 2045 nanti,” katanya.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan, untuk menanggulangi adanya stunting ini perlu diperhatikan asupan gizi pada ibu hamil ataupun anak-anak balita dan juga menghindari pernikahan di usia dini serta sanitasi yang cukup dan sehat sehingga kebersihan tetap dijaga.

“Dengan melaksanakan anjuran yang diberikan pemerintah mengenai cara mencegah stunting di atas tentu harapan kita untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan kuat akan benar-benar terwujud,” pungkasnya.(ARSO)