Edy Wuryanto Anggota DPR RI Komisi IX Lakukan Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Wonosobo

WONOSOBO,- Selaku anggota DPR RI Komisi IX dari PDI Perjuangan, Edy Wuryanto berkolaborasi dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menggelar acara promosi KIE Program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Wonosobo.

Dalam sambutannya, Edy menyebutkan bahwa saat ini bangsa Indonesia masih banyak yang menderita stunting pada anak-anak. Oleh karena itu, baik pemerintah pusat, daerah serta anggota DPR dan juga warga masyarakat berupaya untuk mencegah bahaya stunting.

Edy mengatakan bahwa dalam upaya penurunan stunting di Indonesia yang saat ini masih diangka 24 persen ini, tentu tidak bisa dikerjakan secara sendiri, namun perlu adanya saling bersama-sama bahu membahu mengatasi stunting. “Kita perlu secara gotong royong dan bersama-sama dalam mengatasi permasalahan stunting ini terutama dalam hal pendampingan pada ibu hamil, balita serta para calon pasangan yang akan melaksanakan pernikahan,” terangnya.

Sementara itu, Nasri Yatiningsih SE, MM, Ketua tim pokja adpin BKKBN Jateng dalam memberikan sosialisasi kepada para peserta menerangkan bahwa untuk mencegah adanya stunting perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya kecukupan asupan gizi pada ibu hamil dan anak-anak, menunda perkawinan pada usia dini, dimana untuk laki-laki berumur 24 tahun dan perempuan 21 tahun, serta membiasakan hidup sehat baik rumah maupun lingkungan.

Selain itu, Nasri juga mengatakan, dalam menghadapi demografi emas pada tahun 2045 nanti agar menjadi negara yang memiliki ekonomi kuat diperlukan sumber daya manusia yang cerdas dan kuat yang tentunya terbebas dari stunting.(ARSO)