Jelang Pernikahan, Kaesang Pangarep Ikuti Gladi

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Anak bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo, Kaesang Pangarep melakukan gladi bersih acara pernikahan di Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo, Selasa (6/12).

Gladi yang digelar secara tertutup untuk umum tersebut terdiri dari beberapa prosesi di antaranya rangkaian upacara pernikahan antara lain lempar sirih, kacar-kucur, dulangan, mapag besan, sungkeman dan panggih.

Kaesang hadir dengan cukup santai menggunakan kaos berwarna hitam, topi dan bawahan kain batik. Namun acara tersebut tidak dihadiri oleh mempelai wanita Erina Sofia Gudono dan digantikan dengan pemeran pengganti. Tidak hadirnya mempelai wanita dikarenakan masih menjalani tradisi pingitan di rumahnya yang terletak di bilangan Kabupaten Sleman.

Kaesang Pangarep juga meminta maaf jika acara pernikahannya yang akan berlangsung pada tanggal 10 Desember 2022 mengganggu kenyamanan warga Yogyakarta.

“Saya minta maaf kepada warga Yogyakarta jika besok, saat acara utama sedikit mengganggu. Maaf jika terjadi kemacetan di sekitar Sleman dan lainnya,” ujar Kaesang Pangarep seusai melakukan gladi bersih.

Ijab kabul pernikahan rencananya akan berlangsung di Pendopo Agung, Hotel Royal Ambarrukmo pada tanggal 10 Desember 2022 namun rangkaian kegiatan sudah akan dimulai pada 8 Desember 2022 di kediaman Erina.

Rangkaian kegiatan pernikahan di antaranya pengajian, semaan, pengajian serta midodareni yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Iya rangkaian kegiatan nanti di rumah Erina,” tambahnya.

Kaesang juga membocorkan, siapa saja yang akan menjadi saksi dalam pernikahan nanti. Ia mengungkapkan, yang akan menjadi saksi dirinya adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

“Sedangkan untuk Erina, saksinya nanti ada Pak Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dan hanya dihadiri sekitar 300 undangan saja,” ungkapnya.

Kegiatan pernikahan tidak hanya dilakukan di Yogyakarta namun juga berlanjut ke Surakarta, Jawa Tengah dimana akan berlangsung prosesi Ngunduh Mantu pada tanggal 11 Desember 2022.

Direncanakan akan ada arak-arakan berupa kirab kereta kuda sebanyak 12 kereta yang akan mengambil jalur dari Rumah Dinas Walikota Solo yang dikenal dengan nama Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. (AKA)