PMI DIY Kirim Relawan WASH dan Bantuan ke Cianjur

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengirimkan tim WASH (Water Sanitation and Hygiene Promotion) ke daerah bencana Gempa Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12).

Relawan sebanyak 13 orang tersebut memiliki kemampuan pengelolaan air bersih dan sanitasi untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo mengatakan, selain tim WASH dikirim juga sejumlah bantuan logistic, distribusi, kaji cepat, dan manajemen tanggap darurat bencana.

“ Tiga belas orang Relawan dari PMI Kabupaten dan Kota seluruh DIY akan bertugas selama tujuh hari untuk membantu dalam hunian sementara, distribusi, dan WASH,” ujar GBPH. H. Prabukusumo saat melepas pengiriman bantuan di Kantor PMI DIY.

Ia menjelaskan, ini merupakan bantuan tahap awal untuk Cianjur dan pihaknya terus akan mengupayakan mengirim bantuan lanjutan.

“ Bantuan awal ini juga mengirimkan terpal sejumlah 10 gulung berukuran 4×50 meter, tenda keluarga sejumlah 50 unit, alas tenda 6 bal atau 150 lembar, 50 pasang kruk, dan mie instan sejumlah 250 dus atau sejumlah 10.000 pcs dengan menggunakan 4 armada pikap dan satu mobil box,” jelasnya.

Selain itu, Tim Relawan PMI DIY juga akan melakukan kaji cepat (assessment) kebutuhan masyarakat terdampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 yang lalu. Nantinya hasil kaji cepat tersebut akan digunakan untuk menyiapkan sejumlah langkah melengkapi respons bantuan tahap awal.

PMI DIY juga membuka donasi bagi masyarakat dalam maupun luar DIY yang ingin membantu meringankan beban para warga Cianjur yang terdampak gempa.

“ Kami telah membuka donasi untuk menyalurkan bantuan dari masyarakat dari DIY maupun luar wilayah. Alhamdulillah, responsnya baik dan tentu kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada msyarakat yang telah mengirimkan donasinya melalui PMI DIY. Sampai dengan hari ini, Rabu (8/12/2022) pukul 09.58 WIB sudah terkumpul sejumlah Rp196.005.412,00,” ungkapnya.

PMI DIY masih membuka donasi untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana melalui Bank Mandiri nomor rekening 137-000-744-959-4 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

Rencananya donasi akan terus dibuka hingga bulan Februari 2023 dan selanjutnya akan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan di Cianjur sesuai dengan hasil kaji cepat kebutuhan pada tahap pemulihan awal dan pascabencana.

“PMI DIY akan turut membantu dari tahap tanggap darurat, pemulihan awal sampai dengan rehabilitasi rekonstruksi,” tambah adik dari Raja Yogyakarta itu.

Sementara itu, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY, Arif Rianto Budi Nugroho mengungkapkan, PMI DIY telah melakukan koordinasi dengan koordinator lapangan PMI Pusat yang bertugas di Cianjur.

“Beberapa barang yang kami bawa pada tahap awal ini sudah kami koordinasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” kata dia. (AKA)