Jelang Nataru, Pemkot Yogya Kebut Revitalisasi Pedestrian Senopati

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id- Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan pengerjaan revitalisasi pedestrian Senopati-Titik Nol selesai sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Area Senopati-Titik Nol merupakan wilayah yang selalu padat akan kunjungan wisatawan jika masa liburan. Selain itu, di Kawasan tersebut juga berada lokasi parkir yang mampu menampung puluhan bis pariwisata.

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta mengatakan, revitalisasi jalur pedestrian ditargetkan selesai sebelum akhir tahun agar dapat dinikmati wisatawan.

“Harapannya akhir tahun sudah bisa selesai,” ujar Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPKP Kota Yogyakarta, Hasri Nilam Baswari, Senin (12/12).

Ia menjelaskan, hingga pertengahan bulan Desember ini pengerjaan sudah hampir selesai hanya tinggal merapikan di sejumlah titik saja.

Rencananya hingga akhir tahun nanti pekerjaan akan merampungkan pemasangan bangku pedestrian, tempat sampah, dan lampu jalan atau penerangan jalan umum (PJU).

“Di sisi lain, penataan kabel bawah tanah di sekitar lokasi juga telah rampung. Hanya beberapa titik manhole dan area saja dalam tahap akhir,” jelasnya.

Proyek yang memakan biaya anggaran senilai Rp 12,2 miliar ini tujuannya adalah memperindah serta mempercantik kawasan pejalan kaki saja dan menata kabel bawah tanah.

Jalur pedestrian Senopati yang direvitalisasi terdiri dari, sisi utara sepanjang 450 meter dan selatan sekitar 400 meter. Sedangkan lebar trotoar ditata sesuai kondisi di lapangan berkisar 2,5 meter sampai 3 meter.

“Revitalisasi jalur pedestrian Senopati merupakan upaya Pemkot Jogja dalam mendukung kawasan penyangga Malioboro,” tambahnya. (AKA)