TMMD  

Inilah Peran Kompleks Babinsa Jatiroyom Pemalang Selama TMMD Reguler

Pemalang – Adalah Serda Waluyo, anggota Koramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang dan Babinsa Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Perannya dalam hajatan pembangunan di desa binaannya tak bisa disepelekan, semua peran dilakoninya demi suksesnya program Pemerintah dan TNI.

Contoh peran yang dijalankan antara lain berkoordinasi dengan perangkat desa maupun jajaran Muspika Bodeh terkait upacara pembukaan TMMD termasuk penyiapan tempat parkir tamu undangan, pemaksimalan pengerahan warga, ploting rumah-rumah penduduk yang akan ditempati pasukan Satgas, pengawalan distribusi material, membantu tugas provost Kodim dan perangkat desa dalam pengamanan selama pelaksanaan TMMD, menyiapkan segala kegiatan sosialisasi dan penyuluhan TMMD, bahkan ikut bekerja bersama masyarakat dan rekan Satgas maupun peran lainnya.

Semua dilakukannya demi satu tujuan, lebih sejahteranya masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya. Waluyo juga dituntut berperan dalam mensuplai dokumentasi jurnalistik TMMD, pasalnya pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan segala aspek masyarakat termasuk membangun opini publik ke arah positif.

“Koordinasi dengan semua pihak yang terlibat terlibat dalam kegiatan ini sangat penting, untuk menyamakan langkah serta memaksimalkan seluruh komponen yang ada serta potensi wilayah untuk merampungkan waktu yang hanya 30 hari membangun desa yang mayoritas petani,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Jatiroyom, Riyanto (55) sangat mengapresiasi kehadiran Babinsa dalam membantu pihaknya. “Dalam TMMD Kodim Pemalang ini, banyak sekali yang dibangun di Jatiroyom, mulai pembangunan makadam, betonisasi jalan, pembuatan jembatan, saluran drainase, gorong-gorong, talud, pembronjongan dan rehab 6 Unit RTLH warga kami yang kurang mampu, termasuk penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi,” ungkapnya. (Aan Pendim Pemalang).