Gandeng PT Waskita Karya, Mas Ibas Dorong UMKM Trenggalek

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Dikemas dalam kegiatan sosialisasi, Anggota DPR RI Dapil Jatim VII, Edhie Baskoro Yudhoyono libatkan PT. Waskita Karya dalam upaya peningkatan ekonomi UMKM di Kabupaten Trenggalek. Dengan mengundang pelaku UMKM, mas Ibas sapaan akrabnya memberikan beberapa tips sukses berbisnis dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Tidak hanya tips dalam mengelola usaha agar sehat, namun juga tips mempromosikan bisnis UMKM ke tingkat internasional. Dengan mengikuti perkembangan zaman, UMKM memiliki peluang besar untuk bersaing sesuai bidang yang di tekuni.

“Ada beberapa tips yang harus dipedomani tatkala kita ingin sukses dalam meniti karir sebagai pengusaha,” ungkap Edhie Baskoro Yudhoyono saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi UMKM di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Senin (12/12/2022).

Diterangkan Ibas sapaan akrabnya, tips yang pertama yakni niat. Menurutnya jika Ingin menjadi pengusaha sukses, tidak harus langsung besar tapi memulai dari yang kecil dijalankan. Yang terpenting adalah niat berusaha terlebih dahulu.

“Setelah niat, selanjutnya membuat ide atau kreativitas. Memulai ide dan kreativitas, banyak ide usaha yang bisa kita kerjakan. Dan jangan lupa sesuaikan ide bisnis anda dengan kondisi daerah,” tambah putra bungsu Presiden RI ke-6 ini.

Selanjutnya menjalankan usaha dengan melakukan berbagai promosi dan memperluas pasar. Sehingga pelaku UMKM harus belajar untuk melakukan kemasan yang baik, apalagi dengan kualitas dan harga yang bersaing.

“Hal itu dilakukan agar tidak ketinggalan zaman, sehingga produk kita bisa terdistribusi ke pasar. Setelah itu saat ini sudah banyak alat komunikasi, kita bisa manfaatkan hal tersebut untuk ke pasar yang lebih luas,” tutur EBY.

Salah satu anggota Komisi VI DPR RI ini juga berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Trenggalek bisa bersaing dalam kancah bisnis nasional maupun internasional.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa ada beberapa Badan Umum Milik Negara yang aktif mendorong pertumbuhan UMKM di daerah. Salah satunya merupakan PT. Waskita Karya.

Walau bergerak dalam bidang konstruksi, nyatanya PT Waskita Karya sukses dorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui berbagai sosialisasi dan pembinaan pada pelaku UMKM. (RUDI)