Puncak Dies Natalis, UGM Gelar Rapat Terbuka

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id- Universitas Gadjah Mada (UGM) gelar Rapat Terbuka  di Grha Sabha Pramana (GSP), Senin (19/12).

Rapat Terbuka yang diselenggarakan sebagai puncak dari peringatan Dies Natalis ke-73 ini diikuti ratusan civitas UGM. 

Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia mengatakan, UGM berkomitmen untuk berkontribusi menghadirkan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi Bangsa Indonesia dan dunia di era modern ini.

“UGM sebagai universitas terkemuka di tanah air terus dituntut untuk ikut berkontribusi dalam merespons berbagai dinamika dan tantangan sosial politik ekonomi kontemporer baik yang terjadi di level global, regional, nasional, maupun lokal,” ujar Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia dalam sambutannya.

Ova memaparkan, dunia saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan akibat dari dinamika geopolitik internasional dan berbagai disrupsi akibat situasi kesehatan, perubahan iklim, ketidakpastian ekonomi global, serta menguatnya kembali pola-pola kepemimpinan dan sistem politik yang anti-demokratis.

” Situasi tersebut menuntut semakin pentingnya ketangguhan dan kedaulatan suatu bangsa. Untuk memperkuat kontribusi UGM dalam merespon berbagai tantangan tersebut serta mendukung kepemimpinan Indonesia di tingkat global di tahun mendatang,” jelasnya.

UGM akan melakukan berbagai program strategis. Pertama, melakukan riset transdisipliner dan advokasi sosial terkait isu perubahan iklim, kesehatan, dan transisi energi bersih.

Kedua, secara aktif akan mengembangkan forum-forum kebijakan untuk mendukung penyelesaian berbagai masalah nasional dan memperkuat kontribusi di level global.

Ketiga, UGM akan mengawal tumbuh kembangnya sistem ekonomi dan sistem politik yang bertumpu pada nilai-nilai keadilan dan demokrasi.

“Kami yakin dengan kekuatan riset, inovasi, jejaring, dan semangat transdisiplin, UGM akan mampu secara aktif dan berdampak kuat untuk turut menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan yang dihadapi bangsa ini,” paparnya.

Tema Dies Natalis ke-73 UGM tahun ini adalah Pangan Berdaulat Bangsa Bermartabat. Tema ini tidak terlepas dari persoalan terkait pangan yang kini tengah menjadi perhatian global. UGM sendiri telah sejak lama berkecimpung dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

Capaian dan inovasi yang hasilkan oleh berbagai elemen civitas akademika UGM di sepanjang tahun 2022 membuktikan komitmen UGM untuk berkontribusi memberikan solusi baik jangka menengah maupun jangka panjang.

Salah satunya adalah penelitian di bidang pertanian yang telah cukup dikenal adalah varietas Kedelai Hitam Malika yang memiliki potensi produktivitas 2-3 kali rerata nasional. Program peningkatan produktivitas kedelai juga diintensifkan melalui teknologi Smart Agricultural Enterprise (SAE)berbasis teknologi Smart Field Monitoring System, Traceability dan Regenerative Farming. 

Selain itu, UGM juga telah melahirkan varietas Padi Gamagora yang adaptif terhadap perubahan iklim dengan tingkat produktivitas tinggi, sebagai solusi bagi masyarakat yang tinggal di area dengan potensi kekeringan.

Inovasi ini menambah panjang daftar produk inovasi yang lahir dari kampus UGM, sejalan dengan prioritas UGM untuk mewujudkan ekosistem kedaulatan pangan masa depan.

“Ketangguhan sumber daya manusia sebuah bangsa sangat tergantung pada jaminan ketersediaan pangan dan infrastruktur pendukung ketahanan pangan. Meskipun perjuangan untuk ketahanan pangan bukanlah hal yang baru, UGM tetap berdedikasi untuk menjadi kekuatan utama bangsa ini dalam mengamankan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan, baik di masa sekarang maupun untuk generasi mendatang,” paparnya.

Pada Rapat Terbuka ini, Rektor UGM melaporkan berbagai prestasi dan capaian UGM di sepanjang tahun 2022. Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak yang masing-masing memiliki andil dalam perkembangan UGM.

“Kemajuan kita sejauh ini merupakan buah capaian dari semua pihak dan kepemimpinan universitas yang secara berkelanjutan yang telah bekerja keras,” kata Evo.

Anugerah Hamengku Buwono ke-IX yang diberikan setiap tahunnya sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis UGM, pada tahun ini diterima oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo sedangkan Anugerah Universitas Gadjah Mada pada tahun ini diberikan kepada Ir. Agus Priyatno dan RImawan Pradiptyo.

Pada kesempatan ini juga dilakukan serah terima pesawat microlight atau trike oleh Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan & Direktur Inventarisasi & Pemantauan Sumber Daya Hutan kepada Rektor UGM. (AKA)