Cegah Stunting, Pemkab Asahan Gelar Deklarasi Ibu Hamil Indonesia

ASAHAN, NUSANTARAPOS – Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menggelar Deklarasi Ibu Hamil Indonesia, kegiatan yang digelar di aula Kantor Camat Rawang Panca Arga, Asahan, Sumatera Utara.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Fahrizal Pohan yang hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan dalam acara tersebut menjelaskan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan prevalensi balita stunting ialah melalui peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil.

“Untuk itulah acara ini dilaksanakan dengan sasaran ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES),” kata Fahrizal, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan tersebut lanjutnya bisa menjadi komitmen bersama khususnya bagi ibu hamil untuk melaksanakan pemeriksaan kehamilan minimal 2 sampai 6 kali dengan melakukan USG, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, memenuhi nutrisi sesuai rekomendasi, memantau peningkatan berat badan dan melakukan persalinan di Fasyankes.

“Mari dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia demi terwujudnya Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” tutup Fahrizal.(Nini)