Benteng Vredeburg Yogyakarta Jadi Saksi ‘Bangkit Menuju Endemi’ GFJA

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Benteng Vredeburg, Yogyakarta menjadi saksi perhelatan pameran fotografi jurnalistik bertajuk Bangkit Menuju Endemi yang digelar oleh Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA).

Sekitar 85 karya foto jurnalistik dari puluhan fotografer jurnalistik Kantor Berita Antara ditampilkan dalam pameran yang akan menjadi penutup tahun 2022 ini.

Kurator Pameran, Ismar Patrizki mengatakan pameran ini merupakan perubahan wajah Indonesia dari masa pandemi menuju era endemic Covid-19.

“Seluruh foto yang dipajang di sini menampilkan puluhan visual dalam bentuk foto yang menjadi perubahan bangsa Indonesia dengan semangat baru menuju endemi,” ujar Ismar Patrizki di Benteng Vredeburg, Yogyakarta (29/12).

Ia menjelaskan, pameran ini GFJA juga bekerja sama dengan Kantor Staff Kepresidenan Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

“Pameran ini juga sebagai bentuk bukti hasil kinerja dari Presiden Jokowi. Selain itu juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kami (Antara) yang selama ini bekerja sama dengan Setpres,” jelasnya.

Pameran yang akan berlangsung hingga tanggal 1 Januari 2023 ini, GFJA juga berkolaborasi dengan Jawimajinasi yang digagas oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta.

Jawimajinasi merupakan karya visual dari sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menampilkan ratusan foto destinasi pariwisata, UMKM dan kuliner.

Direktur Pemasaran Pariwisata BOB, Agus Rochiyardi mengungkapkan, Jawimajinasi merupakan hasil pengayaan konten fotografi dari tiga Kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), yaitu DPN Borobudur-Jogja, DPN Solo-Sangiran, serta DPN Semarang-Karimunjawa.

“Pameran Jawimajinasi turut mengenalkan potensi pariwisata yang mungkin belum banyak dikenal dengan harapan kunjungan wisata dapat naik setelan pandemi,” ungkapnya.

Agus menambahkan, Jawimajinasi tidak hanya bercerita tentang beragam destinasi wisata, lingkungan, sosial-budaya, seni namun juga perekonomian berbasis tradisi dan ekonomi kreatif.

“Pameran ini saling bersangkutan dimana semangat Bangkit Menuju Endemi featuring Jawimajinasi, sama-sama menceritakan berbagai daya upaya Indonesia untuk bangkit dari pandemi dan menuju endemi,” tambahnya.

Ia berharap Indonesia terkhusus pariwisata dan ekonominya dapat tetap bertahan dan bangkit kembali dari terpaan pandemik Covid-19 selama ini. (AKA).