Siapkan Talenta Digital, Kominfo Buka Program Digital Talent Scholarship

Jakarta, Nusantarapos – Mulai 1 Februari 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka program Digital Talent Scholarship yang terbuka bagi masyarakat luas.

Program Digital Talent Scholarship ini berupa pelatihan di bidang komunikasi, telekomunikasi dan informatika. Peserta yang lolos nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Kominfo.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo Hary Budiarto mengatakan, program ini dibuka untuk mempersiapkan talenta-talenta digital yang berkompeten di dunia kerja.

“Tujuannya menghadirkan talenta- talenta baru untuk mengisi kekosongan di industri. Jadi targetnya mereka bisa bekerja, khususnya untuk digital, ” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Program ini terbagi ke dalam delapan akademi meliputi Fresh Graduate Academy, Talent Scouting Academy, Vocational School Graduate Academy, Professional Academy, Thematic Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy dan Digital Leadership Academy.

Calon peserta yang ingin mengikuti Program Digital Talent Scholarship minimal berpengalaman kerja selama 2 tahun. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk Batch 1, kuota yang disediakan lebih dari 10 ribu orang dan pelatihannya dimulai pada awal Maret 2023. Sedangkan masa pelatihan akan berjalan sekitar 2-3 bulan.

Informasi lengkap mengenai Program Digital Talent Scholarship bisa diakses di laman digitalent.kominfo.go.id. (Arie)