Siswa SMA MUHI Yogyakarta Berprestasi, Kepsek: Prestasi Ini Perlu Disyukuri

Yogyakarta, Nusantarapos – Akhir perjuangan yang indah. Itulah perjalanan yang dilakukan Nashifa Athanaila Fathoni, XI MIPA 4, saat berhasil meraih kejuaraan tingkat nasional. Nashifa meraih 3 gelar dalam anugerah Duta Siswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Lingkar Inspirasi Bangsa.

Adapun tiga gelar yang diraihnya adalah Top 12 Duta Siswa Indonesia 2023, Duta Siswa Indonesia Inspiratif 2023, dan Duta Siswa Indonesia Provinsi DIY. Kegiatan ini dilaksanakan di Medan, Sumatera utara tanggal 26 – 30 Januari 2023. Duta Siswa Indonesia merupakan wadah bagi seluruh siswa-siswi di Indonesia untuk mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Adapun tes seleksi masuk pada ajang Duta Siswa Indonesia yakni tahap seleksi dokumentasi, ujian tes psikologi, pembuatan video, bahkan ujian tentang diri sendiri.

“Saya merasa sangat senang. Alhamdulilah ini menjadi pengalaman yang baik untuk saya. Terimakasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing saya dengan maksimal. Semoga ke depan lebih baik” ungkap Nashifa dengan santun.

Nashifa Athanaila Fathoni bisa meraih penghargaan ini karena ia telah berhasil meraih sekitar 70 medali kejuaraan baik tingkat regional maupun nasional. 70 kejuaraan ini diraih selama Nashifa 1,5 tahun menjadi siswa SMA Muhi. Uniknya prestasi tersebut diraih pada berbagai mata pelajaran dan kemampuan pendukung lainnya. Nashifa merupakan peserta didik SMA Muhi yang multitalenta.

Nashifa merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Nashifa terlahir dari seorang ibu yang hebat bernama Rina Puspita Sari dan ayah yang luar biasa bernama Arif Fathoni yang saat ini tinggal di sebuah desa di pesisir Kulon Progo. Saat menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Galur, Nashifa sempat terpuruk karena gagal lolos masuk kelas unggulan. Namun dengan semangat yang kuat, ia akhirnya bisa meraih medali emas Olimpiade Sains Tingkat Nasional bidang Biologi dan medali perunggu bidang Matematika. Atas prestasinya tersebut Nashifa mendapatkan beasiswa pendidikan di SMA Muhi selama 3 tahun penuh.

Pada tahap final anugerah Duta Siswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Lingkar Inspirasi Bangsa seluruh peserta dikarantina di Hotel Emeral Garden Medan sejak Jumat, 27 Januari 2023 dan pengumuman kejuaraan dilakukan saat penutupan kegiatan pada Senin, 30 Januari 2023. Selama dikarantina, Nashifa mengikuti serangkaian aktivitas penilaian meliputi forum grup diskusi, seminar, pentas seni, debat, dan wawancara dengan dewan juri. Kegiatan ini menggambarkan tema besar yang ditetapkan panitia yaitu “Berprestasi Untuk Membangun Negeri”.

Kepala SMA Muhi Drs. H. Herynugroho, M.Pd mengaku sangat bangga atas prestasi ini. Menurutnya, prestasi ini merupakan prestasi sangat perlu disyukuri dimana Nashifa berhasil mengalahkan ribuan pesaing dari berbagai sekolah negeri dan swasta di Indonesia. Menurutnya, siswa SMA Muhi dalam prosesnya telah dibekali dengan 3 kemampuan pengembangan SDM sesuai dengan kebutuhan global.

“Alhamdulillah di SMA Muhi selain belajar ilmu pengetahuan dan teknologi peserta didik juga mendapatkan ilmu agama dan akhlak yang baik sebagai seorang muslim. Prestasi Nashifa ini adalah salah satu bukti keberhasilan sekolah dalam mengembangkan prestasi peserta didik,” pungkas beliau. (Rilis)