DAERAH  

Kabupaten Jombang Surplus Beras Capai Lebih Dari 100.000 Ton

JOMBANG,NUSANTARAPOS, – 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, lahan yang ditanami padi mencapai 73.693,4 hektare dengan produksi 455.960,4 ton gabah kering giling (gkg). Setiap tahun Kabupaten Jombang surplus beras mencapai 100.000 ton lebih.

Data tersebut disanpaikan secara langsung oleh Bupati Jombang Mudjidah Wahab, disaat menerima kunjungan Spedifik Komisi IV DPR RI pada Kamis, 2/1/23. Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Jombang, yaitu dalam rangka menjalankan Fungsi Pengawasan dan meninjau ketersediaan pangan nasional.

Rombongan anggota Komisi IV DPR RI yang dipimpin Anggia Erma Rini Wakil Ketua Komisi IV dari fraksi PKB, Budisatrio Djiwandono wakil ketua dari Fraksi Gerindra dan Rusdi Masse Mappasessu Wakil ketua dari fraksi Nasdem beserta puluhan anggota lainnya di Jawa Timur, tanggal 2 – 4 Februari 2023 ini juga diikuti jajaran dari Kementrian Pertanian, Badan Pangan Nasional, dan Direksi Perum Bulog.

”Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, saya menyampaikan selamat datang kepada Komisi IV DPR RI beserta tim rombongan di Kabupaten Jombang,’’ tutur Hj. Mundjidah Wahab mengawali sambutannya.

Bupati memberi apresiasi, lantaran Kabupaten Jombang telah dipercaya menjadi tujuan kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI ke Jawa Timur, dalam rangka meninjau ketersediaan pangan nasional. ”Semoga melalui kunjungan kerja ini, Komisi IV DPR RI dapat menggali informasi strategis yang diperlukan di bidang ketersediaan pangan nasional di Kabupaten Jombang,’’ imbuhnya.

Menurutnya, perlu koordinasi yang baik antara masyarakat, pengusaha, dan pemerintah untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi dan ketersediaan pangan di Kabupaten Jombang, serta untuk menjamin ketersediaan pangan baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional.

”Dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, pengusaha dan legislatif sebagai wakil rakyat akan mampu memberikan dukungan dalam meningkatkan penyediaan pangan,’’ pungkasnya.