DAERAH  

Banyak Sampah, Warga Minta Pihak Hotel dan Restoran di Puncak Kelola Sampah Sendiri

Cisarua, Nusantarapos – Puncak menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang ramai dikunjungi. Selain punya pemandangan indah dan udara yang sejuk, Puncak juga punya berbagai rekomendasi tempat wisata yang bisa jadi pilihan. Banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan di Kota Bogor. Mulai dari wisata alam, keluarga, hingga kuliner bisa kamu nikmati di kota ini.

Tak heran jika julukan Kota Hujan ini menjadi salah satu pilihan untuk destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta, membuat Bogor jadi destinasi wisata warga Jakarta maupun luar Jakarta.

Namun disayangkan kawasan wisata Puncak Bogor masih belum bersihnya dilingkungan sekitarnya. Masih ada sejumlah sampah yang ditemukan di sana, sehingga menyebabkan bau amis yang sesekali tercium menyengat dari sekitar lingkungan Warga maupun lingkungan wisata Puncak Bogor.

Diungkapkan Warga Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (07/02/2023) meminta pihak hotel dan restoran mengelola sampah secara mandiri. Sebab, selain sampah rumah tangga saja, sebagian besar sampah yang menumpuk di kawasan Puncak berasal dari para wisatawan, obyek wisata, serta tempat usaha lainnya seperti hotel dan restoran di kawasan tersebut.

Iman Sukarya, Pendamping Desa Kecamatan Cisarua menuturkan, sebaiknya hotel dan restoran mengelola sampahnya sendiri agar tidak menambah tumpukan sampah di wilayah Puncak.

Dan menurutnya, jika sistem seperti itu diberlakukan, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan lebih fokus terhadap sampah yang berasal dari masyarakat.

“Ya baiknya hotel dan restoran mengelola sampah mereka sendiri, agar sampah dari tempat usaha komersial tidak berbaur dengan sampah rumah tangga. Karena saat ini, persoalan sampah di Puncak sudah cukup krodit,” tuturnya belum lama ini.

Karena kata dia, selama ini hotel dan restoran sebagai salah satu penyumbang sampah di kawasan Puncak. Walhasil, persoalan sampah di kawasan itu seolah tak ada hentinya.(Rizky)