Bantu Tugas Polri, Kabid Humas Polda Metro Jaya dan FWP Sukseskan HPN ke-38

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Demokrasi suatu Negara akan memberikan kebesan terhadap Pers. Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 38 tahun 2023, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo bersama jajaran mengunjungi Balai Forum Wartawan Polri, Kamis (09/02/2023).

Kedatangan Kombes Pol Trunoyudo ke Balai Forum Wartawan Polri dengan menyampaikan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) yang ke -38, insan pers merupakan mitra strategis bagi Polri sebagai kontrol sosial dalam mencapai demokrasi yang bermartabat. “Tujuan dari pada profesi jurnalis ini adalah edukasi, kemudian informasi, dan juga bahkan sebagai kontrol sosial tentunya ini sebagai suatu pilar, atau salah satu pilar bangsa ini untuk menuju demokrasi sesuai tagline hari ini, pers merdeka, tentu demokrasi bermartabat, ” ujarnya.

Kombes Pol Trunoyudo menambahkan pers sebagai mitra strategis secara konstruktif turut membantu tugas Polri. “Khususnya dalam memberikan sosialisasi bagaimana pekerjaan Polri seperti kamtibmas, perlindungan, pengayoman, pelayanan dan juga penegakan hukum,” ujarnya.

Kombes Pol Trunoyudo menjelaskan banyak hal-hal yang Polri rasakan seperti menjadi sorotan dan penilaian publik. “Namun semua persoalan ini bisa kami jelaskan, bisa kami sampaikan dengan baik, tentu dengan kanal yang ada di media, khususnya media mainstream,” ujarnya.

Kombes Pol Trunoyudo juga menambahkan rekan-rekan jurnalis diikat dengan kode etik jurnalis. tentu hal yang sangat profesional dalam menjaga keseimbangan berita. “Rekan rekan harus memiliki narasumber, mengklarifikasi, menginvestigasi, tentu bisa dipertanggungjawabkan sebagai suatu produk jurnalis yang sesuai dengan profesional dan kode etik, ” ujarnya.

Kombes Pol Trunoyudo berharap tema tahun ini bukan hanya sekedar retorika, apalagi tahun ini juga tahun politik menjelang pemilu. “Kita masih memiliki tugas tugas tantangan untuk memberikan suatu edukasi informasi dan kontrol sosial yang seimbang, profesional dan tentunya terbuka menurut apa yang aturan berlaku pada kode etik jurnalis, ” ujarnya.

Tak hanya itu, Kombes Pol Trunoyudo memberikan himbauan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara demokrasi yang bermartabat melalui insan pers.

Rangkaian HPN 2023, Forum Wartawan Polri digelar berbagai kegiatan mulai bakti sosial dengan berbagi berupa ratusan Kilo Beras kepada warga kurang mampu di Kampung Pemulung, Jalan Pinang Kali Jati, Cilandak, Jakarta Selatan.(Tile)