DAERAH  

Genjot Kepatuhan Pajak, KPP Pratama Tuban Lakukan Pelayanan Non Kantor

Tuban, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban terus mendulang tingkat kepatuhan bagi wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya.

Bentuk tobosan dalam hal pelayanan kepada wajib pajak di Kabupaten Tuban nampaknya semakin digetolkan. Maksud dan tujuannya agar memberikan kemudahan dalam pelaporannya, seperti SPT tahunan dan sejenisnya. Aksi jemput bola ini juga bagian dari pelayanan prima dengan mendatangi wajib di setiap kantor kecamatan masing – masing.

Pelayanan di luar kantor ini juga lebih dekat dari rumah. Sehingga wajib pajak semakin antusias untuk datang ke lokasi pelayanan Non Kantor yang dilakukan oleh kantor perpajakan. Hanya dengan datang di pusat pelayanan yang di tunjuk, semisal kantor Kecamatan Soko.

Dalam momen ini, pelayanan Non Kantor melayani berbagai hal pelaporan tentang pajak. Seperti Lapor SPT, Aktifasi Efin, permohonan Non Efektif NPWP, hingga Konsultasi pajak. Sejumlah item tersebut senagaja dilakukan demi pelayanan prima kepada wajib pajak.

Segala kendala yang dinasibi wajib pajak bisa dikonsultasikan secara gratis di tempat pelayanan Non Kantor itu. Banyak warga yang datang dengan indikasi keluhan pajak beragam. Seperti hilang NPWP, lapor SPT tahunan hingga konsultasi perpajakan lainnya.

Kemudahan yang diberikan oleh kantor yang beralamatkan di Jl. Pahlawan , Tuban ini menjadikan warga merasa terbantukan. Bahkan merasa wajib pajak lebih terbuka dengan kondisi pajaknya. “Saya baru kali mencoba pelayanan luar kantor yang diadakan oleh KPP Pratama Tuban, sangat membantu sekali. Saya jadi lebih banyak informasi. Lebih cepat, mudah dan enak petugasnya disini. Tadi laporan SPT mas, ” ujar Khoirul Wahyu, wajib pajak asal Kecamatan Soko.

Kegiatan positif ini juga mendapat acungan jempol Camat Soko, Sucipto. Pihaknya merasa berterimakasih atas pelayanan luar kantor oleh KPP Pratama Tuban guna memudahkan warganya dalam melaporkan pajaknya. Program seperti juga sebuah terobosan yang sangat meringankan wajib pajak. Selain lebih dekat, warga juga merasa nyaman ketika bisa lapor pajak di wilayahnya sendiri.

Pihaknya juga sangat mendukung akan agenda tersebut. Berharap bisa ditindak lanjuti lebih bagus dan efisien. Kolaborasi ini, merupakan bentuk sinergitas antar lembaga yang sepatutnya bisa diagendakan lebih sering.

“Bentuk kerjasama ini bagus sekali, warga dipermudah dengan pelayanan di luar kantor, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan 4, KPP Pratama Tuban, Totok Hari Prasastya mengatakan bahwa pelayanan Non Kantor ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan pelayanan prima. Pelayanan diberikan untuk mempermudah wajib pajak dalam melaksanalan kewajibannya pelaporan pajak. Kegiatan sengaja dilakukan di setiap kantot Kecamatan dan Kelurahan agar terfokus di titik umum.

“Hari ini kita melakukan pelayanan non kantor yang bertempat di Kecamatan Soko. Antusias wajib pajak sangat bagus, sehingga banyak yang datang dengan pelayanan yang berbeda pula. Ini kita lakukan sebagai wujud pelayanan prima kepada wajib pajak agar lebih efisien dan mudah. Kita tempatkan di beberapa titik agar lebih terfokus dan pelayanan kami bisa maksimal, ” ungkapnya. (Afi)