EVENT  

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran Dihelat pada 12 Maret 2023

Jakarta, Nusantarapos – Peringatan hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran ke-266 akan digelar secara meriah. Katadata Indonesia dan Yayasan DNC, Pura Mangkunegaran menghadirkan festival musik dan kuliner Laras hati Mangkunegaran serta lomba lari Mangkunegaran Run in Solo.

Rangkaian puncak perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran pada Minggu (12/3/2023) itu dimeriahkan sejumlah musisi nasional seperti Vina Panduwinata, RAN dan Marion Jola. Selain itu, turut pula diisi oleh penampilan Diskoria, Brigitta Hardi bersama paduan suara mahasiswa Voca Erudita Universitas 11 Maret Surakarta, Endah Laras dan special Tribute to Didi Kempot.

Sementara festival kuliner akan digelar di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran. Selain aneka makanan dan minuman legendaris, akan ada pula pembagian paket minuman dan makanan gratis untuk pengunjung.

Adapun rute lomba lari dengan kategori 5, 10, dan 21 kilometer akan melintasi sebagian kota Solo.

Pemimpin Pura Mangkunegaran Sri Paduka Mangkoenagoro X, mengatakan festival musik dan kuliner Laras hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

“Harapannya masyarakat belajar tentang Pura Mangkunegaran dan beraktivitas di Pura Mangkunegaran. Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya, ” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X di Waroeng Solo, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Sedangkan Vina Panduwinata menyatakan sangat senang dapat tampil di sini. “Acara ini sangat meriah, ajak teman, keluarga, pacar untuk menikmati pertunjukan musik dan berbagai kuliner di Laras Hati Mangkunegaran, ” kata pelantun Burung Camar ini. (Arie)