Gedung Pangkalan TNI-AL (LANAL) Di Kab. Pacitan Tipe D Selesai di Bangun, Masyarakat Bisa Bernafas Lega

Gedung Pangkalan TNI AL di Pacitan (Foto:Mujahid

PACITAN, NUSANTARAPOS, – Pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) yang berada di Desa Kembang Kec. Pacitan Jawa-Timur dengan luas tanah kurang lebihnya 5 hektar akhirnya lebih dulu jadi dibanding pembangunan pelabuhan Gelon yang menghabiskan hampir 100 M yang disinyalir belum jelas kapan dilanjutkannya.

Gedung Lanal bahkan sudah nampak berdiri megah seperti gambar diatas, namun mengenai halaman masih perlu pembenahan. Untuk peresmiannya sampai saat ini belum ada informasi secara pasti yang bisa diterima nusantarapos.co.id. Masyarakat Pacitan pun bernafas lega dengan kehadiran Pangkalan TNI-AL, seperti yang pernah diucapkan kembali  Danlamtamal V, “Disamping berfungsi sebagai keamanan kedaulatan Maritim dan kedaulatan RI sebagai hal yang utama.”

Apalagi Danlantamal V Laksamana Pertama Yoos Suryono Hadi yang pernah berkunjung ke Pacitan pada tanggal 14 Juni 2021 di lokasi sebelum dibangun pernah menyampaikan kepada publik, “Sebagai negara dengan bentang pantai terpanjang di dunia, Indonesia rawan terjadi aktifitas ilegal melalui jalur laut. Seperti ilegal logging, ilegal mining, ilegal fishing maupun jalur penyelundupan barang-barang terlarang.”

Perlu diketahui, Lantamal adalah Pangkalan Utama TNI-AL yang merupakan pangkalan militer TNI Angkatan Laut yang berada di bawah 3 Komando Armada. Lantamal ini dipimpin oleh seorang Komandan Pangkalan Utama TNI AL yang biasa disebut Danlantamal dengan pangkat Laksmana Pertama TNI/Brigjen TNI Marinir.

Merupakan pangkat perwira tinggi paling rendah di TNI Angkatan Laut yang setingkat lebih tinggi daripada Kolonel, dan setingkat lebih rendah daripada Laksamana Muda, setara dengan Brigadir Jenderal di TNI Angkatan Darat dan Marsekal Pertama di TNI Angkatan Udara.

Kalau melihat urutan pangkat Perwira TNI AL dari yang tertinggi terdiri atas : Laksamana TNI, Laksamana Madya TNI, Laksamana Muda TNI, Laksamana Pertama TNI, Kolonel, Letnan Kolonel, Mayor, Kapten.

Kemudian apa yang namanya Lanal, yaitu Pangkalan TNI -AL dipimpin oleh seorang Komandan yang biasa disebut Danlanal (Komandan Pangkalan TNI -AL) yang berpangkat Kolonel (Lanal Tipe B), Letnan Kolonel (Lanal Tipe C), dan Mayor (Lanal Tipe D).

Lanal ini membawahi Posal/Posmat dipimpin oleh Komandan yang biasa disebut Danposal/Danposmat (Komandan Pos Keamanan Laut Terpadu/Komandan Pos Pengamat Laut ) dari TNI-AL. Komandan Pos Keamanan Laut Terpadu) yang berpangkat Kapten (Posal Tipe A), Lettu (Posal Tipe B), dan Letda (Posal Tipe C).

Sedangkan di Pacitan Lanal ini dibawah Markas Komando (MAKO) Lanal Malang, bermarkas di Jl. Yos Sudarso No.14, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Berikut satuan dibawah Lanal Malang :

Posal Sendang Biru Kabupaten Malang, Posal Tambakrejo Kabupaten Blitar, Posmat Prigi Kabupaten Trenggalek, Posmat Popoh Kabupaten Tulungagung, Poskamladu Jolosutro Kabupaten Blitar, Poskamladu Lumajang Kabupaten Lumajang, Poskamladu Tamperan Kabupaten Pacitan, Posal Pacitan Kabupaten Pacitan. Namun untuk Pacitan pengembangannya mejadi Lanal tipe D.

Lebih lanjut peran Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji tentang kehadiran Pangkalan TNI-AL di Pacitan sekaligis akan diuji, jangan sampai terjadi adanya “Teroris Lingkungan Hidup”, seyogyanya Bupati meningkatkan pelibatan Stake Holder yang peduli Lingkungan Hidup. (Mujahid).