DAERAH  

Aklamasi, KH Fathul Huda Pimpin Jatman Jawa Timur

TUBAN, NUSANTARAPOS – KH Fathul Huda, pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Huda Kabupaten Tuban, Jawa Timur, akhirnya terpilih sebagai Rais Idaroh Wustha Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Jawa Timur, masa khidmah 2023-2028.

Mantan Bupati Tuban tesebut terpilih secara aklamasi dalam Musda ke-5, di Ma’ahad Bahrul Huda, Jl. Letda Sutjipto Tuban, Sabtu, 25 Februari 2023. Musyawirin berhasil memilih KH Fathul Huda dalam rapat tertutup yang dilakukan sembilan Mursyid Thariqah anggota tim formatur Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA).

Sidang pleno yang dipimpin KH Chusnan Ali dari Mojokerto, menetapkan KH Fathul Huda sebagai Rais Idarah Wustha Jatman Jawa.
Terpilihnya Rais dan Mudir atas kesepakatan 9 anggota Tim AHWA, yang terdiri dari 2 Anggota Aliyah dan 9 Masyayikh dari perwakilan korwil SE Jawa Timur.

Sistem AHWA adalah mekanisme yang diterapkan untuk memilih Rais dan Mudir Idarah Wustha Jawa Timur sekaligus oleh 9 Mursyid Thariqah dengan cara musyawarah mufakat.

Wakil ketua Idarah Aliyah Jatman KH Chusnan Ali mengingatkan bahwa tugas penting dari rais dan mudir adalah memasyarakatkan thariqah dan menthariqahkan masyarakat, bagaimana thariqah tidak hanya menyentuh level usia lanjut saja tetapi juga segala usia.

“Di Jawa Timur dengan keberadaan 14 thariqah yang berbeda adalah kekuatan membangun kerukunan, harmoni sekaligus teladan bagi daerah lain,” ujarnya. (Afi)