Peringati HUT ke 6, APNI Gelar Friendly Golf Tournament 2023

APNI Friendly Golf Tournament 2023 dibuka oleh Ketum APNI Nanan Sukarna.
Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID –  Masih dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) yang ke 6, pada Sabtu (11/3/2023) DPP APNI menggelar acara APNI Friendly Gold Tournament 2023 di Damai Indah Golf, Pantai Indah Kapuk Jakarta. Acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB pagi itu, diikuti oleh 144 orang golfers, mereka antusias mengikuti rangkaian acara HUT APNI.
Adapun golfers yang hadir berasal dari berbagai perwakilan kementerian, lembaga dan instansi pemerintahaan, TNI, Polri, asosiasi pertambangan, perusahaan pertambangan, industri pengolahan pertambangan, perbankan, trading, surveyor, pelumas, hingga digitalisasi.
APNI Friendly Golf Tournament 2023 mendapat dukungan dari sponsorhip, yaitu PT Gaya Makmur Tractors, PT Gaya Makmur Mobil, PT Wana Kencana Mineral, PT Hoffmen International, Societo Generale, PT Ceria Nugraha Indotama, PT. Teknik Alum Service, PT Pamapersada Nusantara, PT Halim Pratama, PT Nusajaya Persadatama Mandiri, PT Putra Perkasa Abadi, PT Riota Jaya Lestari, Shell Indonesia, PT Geoservices, ABC Battery, UC 1000 / C-1000, PT Five Star Indonesia, Hukum Online, PT Triputra Energi Megatara, Mining Industri Indonesia (MIND ID), BRABUS by Alron Group, PT Rohul Energi Indonesia, PT Timah Investasi Mineral, PT Surveyor Carbon Consulting Indonesia (SCCI), PT Harita Nickel, PT United Tractors, Ekles Clinic, Motor Anak Bangsa, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk.
Turnamen golf persahabatan ditandai dengan pemukulan bola asap oleh Ketua Umum APNI, Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna. Setelah itu, semua peserta foto bersama dengan jajaran DPP APNI. Panitia membuat kategori turnamen Best Net Flight A, Best Net Flight B, dan Best Net Flight C, masing-masing kategori memperebutkan juara 1,2, dan 3.
Kemudian, ada pemenang Novelty untuk kategori Nearest To The Pin, Nearest To The Line, Longest Drives, dan Hole In One, serta kategori Best Gross Overall.
Sebuah alat berat menjadi hadiah terunik saat APNI Friendly Golf Tournament 2023.
Tatkala berada di Puttin Green, panitia memberikan aba-aba bahwa shotgun segera dimulai pada pukul 07.00 WIB. ‘Bak Tiger Woods, para peserta mengeluarkan kemampuan dan skill-nya memegang, mengayunkan, dan memukul stick golf ke bola putih kecil berbobot sekitar 45,93 gram, seraya berharap bisa langsung masuk ke lubang (hole)berdiameter 10,9 sentimeter.
Satu per satu peserta turnamen golf persahabatan sudah mengeluarkan kepiawaiannya bermain golf. Sambil menunggu penilaian dewan juri, acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari Ketum APNI, Nanan Soekarna.
Nanan Soekarna menyampaikan, dengan puji syukur kepada Yang Maha Kuasa turnamen golf siang ini bisa diselesaikan dengan tuntas.
“Saya atas nama APNI menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh hadirin sekalian bersama Pak Eko, Pak Lugas, Pak Syamsu Deliand, dan semua yang hadir,” kata Ketum APNI Nanan Soekarna di Golf Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta, Sabtu (11/3/2023).
Menurutnya, dari laporan yang diterima ada sebanyak 144 peserta yang hadir dalam ajang APNI Friendly Golf Tournament.
Selain alat berat, di APNI Friendly Golf Tournament 2023 juga memberikan sebuah truck besar jika berhasil mencapai hole in one.
Selain itu, dia mengucapkan  terima kasih kepada seluruh sponsor yang telah mendukung acara tersebut karena tanpanya, acara ini tidak akan terselenggara.
“Sebetulnya golf ini hanya sebulan kurang (dipersiapkan). Kami waktu itu, bisa nggak sebulan, harus bisa. Saya ingin ngetes juga, APNI ada temennya nggak, bisa nggak sebulan menyelenggarakan golf dan tidak perlu jualan tiket tapi sponsor yang dukung. Ternyata bisa,” ujarnya.
Sebagai Ketum APNI, Nanan dengan niat baik berusaha membantu agar APNI dapat berfungsi sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawabnya. Terutama memberi masukan kepada pemerintah dan pengusaha, dan menjadi ‘mak comblang agar APNI dapat memberikan solusi.
Ia menceritakan, dirinya sering diundang dalam seminar dalam dan luar negeri. Acaranya luar biasa namun semua membicarakan tentang teknis sedangkan yang banyak menjadi masalah adalah permasalahan non teknis.
“Terus terang saya dengan teman-teman pelan tapi pasti ingin memberikan masukan. Untung saya tidak punya kepentingan apa-apa tentang nikel ini, sehingga saya bisa memberikan masukan,” cerita dia.
Ketua Panitia APNI Friendly Golf Tournament 2023 sedang memberikan hadiah dan plakat kepada pemenang.
Ia juga mencoba menampung semua keluhan dan mencarikan solusi bagi para pengusaha dan pemerintah yang menjadi tekadnya.
“Saya yakin tidak mudah tapi dengan niat tulus, ikhlas mudah-mudahan bisa. Mari sama-sama kita manfaatkan agar organisasi ini bisa bermanfaat,” harapnya.
Diselingi hiburan yang dimeriahkan oleh Victoria Band, panitia mengumumkan para pemenang APNI Friendly Golf Tournament 2023 untuk masing-masing kategori.
Pemenangnya dengan kategori Overall adalah Arief Yahya dengan predikat Best Gross Overall.
Dilanjut dengan kategori Men-Flight A adalah Ishak Nurdin dengan predikat Best Nett I, Yosep P pemenang Best Nett ll, dan Ahmad Kurniadi pemenang Best lll.
Selanjutnya, pemenang kategori Men-Flight B adalah Eddy Gloryan dengan predikat Best Nett l, Wawan Kusmawan pemenang Best Nett ll, dan Tonny pemenang predikat Best Nett lll.
Ketua Umum APNI Nanan Sukarna memberikan hadiah lucky draw sebuah motoe listrik kepada golfers yang beruntung.
Terakhir, pemenang dengan kategori Men-Flight C adalah Elias Moses dengan predikat Best Nett l, Eru Hadi untuk predikat Best Nett ll, dan Hana Mulyana sebagai pemenang Best Nett lll.
Acara APNI Friendly Golf Tournament berlangsung meriah dan penuh kegembiraan. Banyak peserta saling berbincang dan berkenalan satu sama lain. Mereka terlihat akrab dan penuh semangat dari awal acara turnamen golf dimulai hingga selesai.
Sementara, Sekretaris Umum APNI, Meidy Katrin Lengkey mengatakan bahwa belum pernah ada acara turnamen golf dari asosiasi yang ada di sektor mineral dan batu bara seperti APNI yang memberikan hadiah sebuah unit dozer dan Dum truck jika memenangkan kategori Hole In One.
“Di depan (halaman gedung ada) dump truck, kemudian dozer. Belum pernah ada kegiatan golf tournament yang dilakukan oleh asosiasi di bawah minerba, yang memperebutkan alat berat. Baru kali ini,” kata Sekum APNI Meidy Katrin dalam acara penutupan turnamen golf tersebut.
Ia pun tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak termasuk sponsor sehingga acara ini terselenggara dengan sangat baik dan luar biasa.
“Sekali lagi terima kasih kepada sponsor yang sudah membantu hingga acara APNI ini cukup amat meriah,” pungkas Meidy.