DAERAH  

Kunjungan Komwasjak Ke KPP Pratama Surabaya Karangpilang

Surabaya, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Karangpilang mendapatkan kunjungan dari Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) pada hari Kamis (13/4). Kunjungan ini merupakan agenda lanjutan setelah Komwasjak mengadakan audiensi dengan masyarakat dan asosiasi di Kampus C Unair.

Salah satu agenda Komwasjak adalah untuk menyelenggarakan komunikasi dan/atau publikasi mengenai tugas dan fungsinya. Selain bertujuan untuk memublikasikan tugas dan fungsi Komwasjak kepada masyarakat, kunjungan kali ini juga dilakukan untuk menjaring informasi terkait permasalahan perpajakan dan mendapatkan masukan dari masyarakat dan asosiasi dan dilanjutkan dengan kunjungan ke KPP Pratama.

Komwasjak memiliki tugas untuk membantu Menteri Keuangan dalam melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi yang bersifat strategis terhadap kebijakan dan administrasi Perpajakan pada Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Komwasjak indepenen dari pengaruh DJP, DJBC, dan unit lain di Kementerian Keuangan, untuk memberikan saran strategis kepada Menteri Keuangan dengan mengambil sudut pandang wajib pajak.
Wakil Ketua Komite Pengawas Perpajakan Zainal Arifin Mochtar menjelaskan saat ini Komwasjak fokus pada penataan dan singkronisasi jalur pelaporan kasus perpajakan karena mempermudah pelacakan proses laporan dari masyarakat.

Kunjungan Komwasjak ke KPP Pratama Surabaya Karangpilang ini salah satunya untuk mengetahui layanan yang diberikan oleh KPP kepada Wajib Pajak. KPP Pratama Surabaya Karangpilang dipilih karena merupakan salah satu KPP Pratama yang sudah berhasil meraih predikat tertinggi yakni Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) di tahun 2022 dan memenuhi mutu layanan yang baik kepada Wajib Pajak.

Komwasjak mengamati beberapa detail layanan yang diberikan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Seperti inovasi layanan yang diberikan kepada Wajib Pajak, hasil survei kepuasan layanan dan memberikan input terkait dengan kepatuhan dan peningkatan kompetensi Wajib Pajak melalui sosialisasi. Diskusi berlangsung hangat dengan beberapa pihak menyampaikan masukannya kepada Komwasjak dan sebaliknya.

Dalam kunjungan kali ini, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio, M.M. menjelaskan tentang pentingnya survei kepuasan layanan dan penyampaian informasi terkait layanan pengaduan yang dimiliki. KPP Pratama Surabaya Karangpilang memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada Wajib Pajak. Salah satunya diimplementasikan melalui beragam inovasi layanan yang dikembangkan seperti anjungan cemerlang, aplikasi pemindahbukuan online, layanan help desk online dan beragam layanan lain yang seluruhnya dikembangkan guna memudahkan pemenuhan kewajiban Wajib Pajak.

Komwasjak juga terkesan dengan hasil survei kepuasan layanan di KPP Pratama Surabaya Karangpilang yang mencapai 99 persen di tahun 2022. Selain itu, KPP Pratama Surabaya Karangpilang juga memiliki standar layanan yang tinggi kepada Wajib Pajak yang informasinya disampaikan secara jelas dan dapat di akses dengan mudah di loket tempat pelayanan terpadu.

Komwasjak juga mengajak KPP untuk terus memberikan layanan terbaik kepada Wajib Pajak. Selain itu diharapkan semakain banyak sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPP agar kedepannya semakin banyak Wajib Pajak yang memahami pentingnya pajak bagi pembangunan Indonesia.