TMMD  

TMMD Beri Edukasi Bahaya HIV/AIDS ke Masyarakat Konawe

KONAWE – Tidak hanya menyasar pembangunan infrastruktur di Kabupaten Konawe, TMMD dari Kodim 1417 Kendari juga menyasar pembangunan non fisik.

Seperti dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan mengenai HIV/AIDS pada masyarakat Kecamatan Anggotoa, Selasa (5/3/2019), di Balai Desan Karandu, Kecamatan Konawe.

Dengan menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, yakni Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Anggota, ratusan masyarakat diberikan edukasi mengenai bahaya dan cara pencegahan penyakit HIV/AIDS.

Dandim 1417 Kendari, Letkol Cpn Fajar lutvi Haris Wijaya mengatakan penyuluhan ini merupakan salah satu sasaran non fisik dari program TMMD ke 104 yang dilakukan di Kabupaten Konawe.

“Penyuluhan kali ini juga berkaitan dengan penyuluhan yang dilakukan sebelumnya yakni, penyuluhan Bahaya Narkoba,” kata Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya.

Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Anggotoa, Nurlela Saranani menjelaskan masyarakat harus mengetahui bagaimana cara penyebaran HIV, yaitu dengan menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang, serta melakukan hubungan seks yang aman.

“Jangan pernah berbagi jarum atau alat suntik jadi harus steril, hindari menyentuh darah dan cairan tubuh orang lain, lakukan perawatan medis jika anda hamil atau sedang sakit,” ujarnya.

Penyuluhan kesehatan ini juga diikuti oleh mahasiswa Stikes Mandala Waluya, mahasiswa KKN Unlaki, serta siswa-siswi SMPN 3 Wawotobi.

Pantauan kami, masyarakat merasa terbantu dengan adanya penyuluhan penyakit HIV/AIDS, sebab informasi dari masyarakat penyuluhan HIV/AIDS baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Anggotoa.