WISATA  

Destinasi Wisata Pacitan Akan Selalu Berbenah untuk Kemajuan

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Destinasi wisata di Pacitan memang menyimpan keindahan alam yang estetika karena disamping memiliki hutan yang tergolong masih rimbun, juga memiliki daya tarik tersendiri baik bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah Pacitan.

Tak ayal jika destinasi wisata di Pacitan seperti, Goa Gong, Pantai Klayar, Pancer Door banyak yang melirik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Namun sayang tempat wisata tersebut masih memerlukan perubahan yang masih banyak untuk menambah pengunjung di tempat-tempat wisata di Kabupaten Pacitan.

Seperti penyediaan wahana bermain serta penyediaan kios buah tangan seperti gerabah, anyaman yang banyak dihasilkan oleh pengrajin Pacitan tentu perlu adanya kerjasama yang baik dengan Dinas Pariwisata.

Turmudi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pacitan berusaha keras untuk mewujudkan kenaikan pengunjung wisata di Kabupaten Pacitan. Saat ditemui di kantornya, Selasa (13/6/23) ia mengatakan, “Upaya kedepan untuk pemenuhan APBD yang pertama promosi dimana nanti akan kita gencar-gencarkan terkait dengan obyek itu sendiri serta pendukungnya. Sehingga wisatawan diharapkan selain mengunjungi juga akan melihat kebudayaan masing-masing Desa atau Kecamatan.”

Lanjut Turmudi, untuk yang kedua destinasi harus dibenahi agar menarik.”Tentu fasilitas-fasilitas untuk mendukung destinasi kita perbaiki sedikit demi sedikit terutama jalan menuju destinasi yang kemudian akan kita koordinasikan kepada dinas-dinas terkait sehingga perjalanan untuk kendaraan bisa sampai ke tempat destinasi,” terangnya.

Kemudian, pembinaan Sumber Daya Manusia baik itu kuliner maupun Ekonomi kreatif tentunya akan selalu diperhatikan sehingga para pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan saja, namun juga bisa menikmati kuliner dan juga membawa oleh-oleh sebagai buah tangan.

“Kita juga akan berusaha untuk menambah kios-kios serta fasilitas di tempat wisata dengan cara menggandeng masyarakat yang memiliki kompeten dalam pengembangan tempat wisata tersebut,” urainya.

Sementara untuk isu santernya HTM ke tempat wisata di Pancer Door gratis, Kepala Dinas Pariwisata mengatakan akan dikaji lebih lanjut agar tidak membebani para wisata dan pemasukan PAD di Kabupaten Pacitan. (JOKO)