TMMD  

Dandim 0801/Pacitan Bersama Jajaran Forkopimda Sambut Kedatangan Mahasiswa Dalam Program MMD

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pagi ini, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto S.I.P.,M.I.P, bersama jajaran Forkopimda menyambut kedatangan Mahasiswa dalam rangka program Mahasiswa Membangun Desa (MMD), bertempat di Ruang Rapat Bappedalitbang Jl. Jaksa Agung Suprapto no 8 Pacitan, Senin, (03/07/2023). 

Sebanyak 210 Mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang, nantinya akan melaksanakan program MMD selama kurang lebih 40 hari.Kemudian mereka akan ditempatkan secara tersebar di 15 Desa, 6 kecamatan di seluruh wilayah Kab. Pacitan. 

Diharapkan, para mahasiswa dapat membaur dengan masyarakat, untuk mengembangkan dan membantu kesulitan masyarakat serta mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk pembangunan demi kemajuan wilayah pedesaan. 

Dalam sambutannya, Prof. Ir.,Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. (Dekan Universitas Brawijaya Malang) mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan maupun Kodim 0801/ Pacitan yang telah menyambut serta memfasilitasi para Mahasiswa dengan baik.

“Program KKN dari dulu memang sudah ada, akan tetapi melalui program terbaru Mahasiswa Membangun Desa ini, Mahasiswa bisa terjun langsung dan membaur bersama masyarakat, disamping untuk memberikan edukasi pemahaman terkait kemajuan teknologi saat ini”, ujarnya. 

Kemudian, Bpk. Suprayogi STP. MP. PH.D. (Koordinator wilayah Pacitan) juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya, dimana sudah  berkoordinasi baik secara online maupun secara offline, untuk mempersiapkan mulai dari perencanaan konsep sampai hal-hal teknis dan perizinan.

“Untuk konsep program Mahasiswa Membangun Desa ini sudah koordinasikan secara intensif baik dengan Bapak Pangdam V/Brw, Gubernur Jawa Timur, Kemendagri maupun Kemendiknas dan juga dengan para pimpinan Wilayah”, ucapnya. 

Sementara itu, Letkol Inf. Roliyanto S.I.P.,M.I.P Dandim 0801/Pacitan menyampaikan selamat datang kepada para Mahasiswa dari Universitas Brawijaya yang akan melaksanakan Program MMD (Mahasiswa Membangun 1000 Desa) di 15 Desa 6 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Pacitan. 

“Kami selalu siap mendukung dan membantu agar program MMD dapat berjalan sukses dan lancar.Selain itu, kami juga titip generasi muda yang ada di pedesaan agar diberikan wawasan dan motivasi agar bisa menjadi generasi yang handal dalam mempersiapkan diri membangun Bangsa lebih maju”, tandas Dandim kepada para Mahasiswa. 

Lebih dari itu, program Mahasiswa Membangun 1000 Desa universitas Brawijaya di wilayah kab. Pacitan merupakan implementasi keterlibatan perguruan tinggi untuk membaur dan mengetahui kondisi sosial masyarakat demi meningkatkan ekonomi yang lebih baik. 

“Perhatikan faktor keamanan selama kegiatan MMD di wilayah masing-masing.Selalu hati-hati dalam malaksanakan tugas, dihadapkan situasi Kabupaten Pacitan yang merupakan wilayah perbukitan.Mudah mudahan kehadiran program MMD dapat berdampak positif bagi kemajuan pembangunan di berbagai sektor”, bebernya.