OPINI  

Prosesi Ruwat Dan Rawat Jagat

Oleh : Mujahid
Pengamat spiritual

Ruwat Jagat dan Rawat Jagat sebuah istilah yang sudah jelas maksud dan tujuanya. Istilah itu juga sering muncul didunia maya menjadi topik pembicaraan. Apa bedanya ruwat jagat dan rawat jagat?

Ruwat adalah do’a yang dipanjatkan kepada Sang Kholik atau Pencipta, sedangkan rawat merupakan tindak lanjut do’a setelah dilakukan dalam hal ini adalah tindakan pencegahan terjadinya kerusakan alam sekitarnya yang disebabkan karena ulah manusia itu sendiri sehingga bentuk prosesinya bisa berbeda.

Ruwat dan Rawat Jagat tentu ada batas tingkatanya mulai dari scala Internasional, Nasional, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa bahkan sampai ketingkat Rw dan Rt sehingga wilayahnya jelas.

Disamping itu pembatasan wilayah sangat penting untuk menghormati daerah lain yang sama – sama mengadakan ruwat atau rawat menurut versi masing – masing berikut ijab kabulnya yang dimungkinkan bisa berbeda – beda.

Apa itu ritual ? adalah pergerakan kegiatan yang dirangkaikan dengan do’a, menggunakan perlengkapan yang diperlukan, bisa dilakukan secara sendirian maupun bersama-sama dan ada pemimpinya.

Kemudian sakral (suci) memiliki makna tempat /dan atau waktu yang dianggap “mustajab” dengan arti kata lain dijawab, diterima, dikabulkan, sehingga apabila diperlakukan tidak dengan ketulusan hati bisa mendatangkan hal yang tidak baik karena adanya sebuah perjanjian.

Ketika tempat sakral yang ditunjuk sudah disepakati lalu arti dari Prosesi sendiri secara umum adalah suatu “Perarakan ” semisal kirab dan merupakan bagian dari suatu acara. Jadi istilah seremomial merupakan bentuk kegiatan secara menyeluruh.

Perlu diingat, baik Ruwat Jagat maupun Rawat Jagat cukup dilakukan dengan prosesi dan ritualnya untuk menjaga kemurnian do’a keselamatan karena menyangkut keagamaan juga seperti halnya Prosesi Pernikahan manusia pada umumnya.