banner 970x250
BUDAYA  

Sambut Hari Jadi, Bupati Blitar Tabur Bunga di Makam Leluhur

BLITAR, NUSANTARAPOS – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Blitar ke 699 tanggap 5 Agustus, Forkopimda Blitar Raya melaksanakan tabur bunga di makam leluhur.

Dalam agenda itu, diikuti Bupati Blitar Rini Syarifah, Dandim 0808/Blitar┬áLetkol Inf Sapto Dwi Priyono, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo Pambudi Sukarno, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom dan sejumlah Kepala OPD, Jum’at (04/08/2023).

Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, pada kesempatan kali ini ada 4 makam leluhur yang disambangi oleh jajaran Forkopimda Blitar diantaranya Makam Aryo Blitar, Syech Subakir, Makam Bung Karno dan Makam Pengeranan.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap menjelang Hari Ulang Tahun Blitar melaksanakan kunjungan ke makam-makam leluhur. Diharapkan, adanya acara ini dapat melestarikan tradisi dan budaya nyekar ke makam.

“Bukan hanya jajaran Forkopimda Blitar Raya yang mengikuti tabur bunga ke Makam Sesepuh Blitar namun nampak hadir juga Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar Abah Zainal,” ujarnya.

Usai melaksanakan ziarah, rombongan Forkopimda Blitar langsung menunju ke Pendopo RHN untuk melaksanakan acara tasyakuran dan doa bersama antar lintas Agama sebagai wujud syukur yang telah diberikan selama ini.

“Diusia 699 ini harus harus semakin dijaga kekompakannya mulai antar Forkopimda, legislatif, OPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Karena dari sanalah komitmen dan kerjasama untuk memajukan Kabupaten Blitar tercipta,” terangnya.

Bupati menjelaskan, dengan sinergitas bersama dapat melahirkan sejumlah inovasi yang bagus demi memajukan daerah dan berimbas positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah, setiap lintas sektor wajib membuang ego sektoral dan maju bersama mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri.

Dalam peringatan Hari Blitar ke 699 tahun, masyarakat juga bisa melihat secara langsung di akun YouTube Pemkab Blitar mulai dari prosesi hingga Pisowonan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro tanggal 5 Agustus mendatang.