Pengamat: Mesin Partai Demokrat Mogok jika AHY Tidak Ditunjuk Jadi Bacawapres Anies

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Otak-atik koalisi di pilpres 2024 nampaknya terus menjadi misteri. Parpol koalisi, seperti main intip satu sama lain dalam menentukan pasangan bacapresnya.

Di antara tiga bakal kandidat, Anies Baswedan merupakan bacapres yang sudah memiliki gambaran sosok yang akan mengisi posisi orang nomor dua, yakni Agus Harimurti Yudhoyono atau biasa disapa AHY.

Di tengah ketidakpastian, itu aroma bakal mogoknya mesin partai Demokrat dalam mendukung bacapres Anies pun mengemuka.”Itu (mesin partai Demokrat mogok) jika AHY tidak ditunjuk menjadi bacawapres Anies,” ujar pengamat Sugiyanto.

Menurutnya, pilpres 2024 merupakan kompetisi berat yang akan dilewati mantan gubernur dki Jakarta tersebut. Sebab itu, kata SGY biasa Sugiyanto disapa Anies harus secara matang dalam mempertimbangkan pasangannya.

“Bagi Anies, pilpres 2024 ini harus sukses pencalonannya. Bisa dikatakan, is now or never,” tutupnya.

Seperti diberitakan, Bacapres Anies Baswedan kini terus intens melakukan komunikasi dengan parpol pendukungnya. Jumat (25/8) malam, Anies bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Usai pertemuan, Anies mengatakan, banyak mendapatkan cerita pengalaman politik dari SBY. Anies juga memberikan pandangannya soal strategi yang perlu diterapkan di kontestasi politik 2024.

Kami membahas pada aspek strategi, langkah-langkah yang peru kita antisipasi, yang perlu kita kerjakan di bulan-bulan ke depan, sampai dengan bulan Februari,” kata Anies di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.