TMMD  

Penggunaan Molen untuk Pembangunan Penahan Tanah Mulai Dioperasikan

Molen Mulai Dioperasikan untuk Pengadukan Semen

MALANG,NUSANTARAPOS,- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 118 Tahun anggaran 2023 akan segera dimulai yang rencananya akan dibuka secara serentak pada  Rabu (20/9/23) mendatang ternyata membawa keberkahan tersendiri bagi warga Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, karena dalam program tersebut sedikit banyak akan membawa kemajuan desanya.

Sejak mulai dibukanya pra TMMD di Desa Sumberpetung oleh Dandim 0818/Malang- Batu Letkol Inf. Arif Nurbianto, baik anggota Kodim 0818/Malang-Batu dan warga mulai mengerjakan pengerjaan fisik program TMMD dengan mengerjakan pembangunan penahan tanah di Dusun Pondok Kobong.

Pengerjaan pembangunan ini dikerjakan terlebih dahulu dikarenakan, selain untuk menghindari datangnya hujan juga untuk mempercepat  penyelesaian pengerjaan fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 118 di wilayah Kodim 0818/Malang. “Pengerjaan pembangunan penahan tanah ini kita kerjakan terlebih dahulu agar disaat datang musim hujan nanti tiba, hasil pengerjaan ini sudaah kering dan lebih kuat sehingga kita tidak akan khawatir jika bangunan ini kehujanan,” kata Serda deny, selaku Babinsa di Desa Sumberpetung ini kepada wartawan, Kamis (14/9/23).

Agar lebih cepat dalam pengadukan bahan meterial ini, lanjut Serda Deny, molen digunakan setiap hari selama pengerjaan agar warga Dusn Pondok Kobong dan juga anggota Kodim dapat lebih cepat membuat pondasi penahan tanah.

Sementara itu Muji, salah satu warga Dusun Pondok Kobong yang saat itu ikut serta membantu anggota Kodim 0818/Malang-Batu dalam pembuatan penahan tanah mengatakan dirinya sebagai warga desa sangat berterimakasih dengan adanya TMMD di desanya karena dengan adanya kegiatan ini harapan warga yang semula jalan Dusun Pondok Kobong dikhawatirkan akan terjadi longsor di saat musim penghujan, kini tidak perlu khawatir lagi.

“Dengan dibangunnya penahan tanah di dusun kami ini tentu kami tidak akan khawatir lagi jika di musim hujan karena tidak takut jalan kami terjadi longsor,” katanya.

Dirinya juga berharap TMMD di desanya ini ke depan dapat bermanfaat bagi warga Desa Sumberpetung dalam meningkatkan ekonomi warga karena dengan kuatnya jalan dan tidak terjadi kelongsoran, akses jalan yang dapat dilalui dengan kendaraan roda empat ini tidak perlu khawatir terjadi penyempitan jalan akibat jalan longsor.(Pendim 0818)