OPINI  

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji “Turun Gunung” Selesaikan Pekerjaan Infrastruktur

Oleh : Mujahid

Kegiatan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan sebuah proyek (Ground Breaking) oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji telah dipercepat dengan istilah lain “Turun Gunung” dalam rangka menuntaskan pembangunan jalan yang menjadi skala prioritas dan sangat berkaitan dengan 3 (tiga) Fisi- Misi lainnya.

Dengan anggaran senilai Rp. 70 miliar untuk infrastruktur, Indrata Nur Bayuaji sebagai Bupati Pacitan akan merampungkan pembangunan jalan sejumlah 22 titik. Sedangkan 17 ruas di antaranya merupakan jalan perbatasan Jatim-Jateng di tahun 2023.

Tahapan sudah dijalankan, setelah Kecamatan Donorojo, Punung, Arjosari dan Kecamatan Bandar. Kali ini pembangunan ruas jalan berada di wilayah Kecamatan Sudimoro yang memiliki dua batas dengan Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo.

Selain meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat serta pendidikan, dampak lain dari pembangunan infrastruktur berupa jalan sangat berpotensi meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata dan lainya.

Disamping kerja keras Bupati, pembangunan infrastruktur di tingkat desa yang dilakukan Kodim melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kerja terpadu antara TNI dengan Pemerintah Daerah Pacitan yang didukung dari unsur Forkopimda lainya seperti Ketua DPR, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan dan masyarakat.

Bahkan adanya Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-117, Kodim 0801/Pacitan yang dipimpin Letkol Inf Roliyanto S.I.P., meraih juara kedua tingkat nasional dalam kategori Dansatgas untuk media online dan cetak.

Sedangkan wartawan penulis karya jurnalistiknya juara II dimenangkan Joko wiyono owner Nusantarapos.co.id sebagai juara kedua juga. Diakui Dandim, prestasi yang berkaitan TMMD adalah hasil dari kerja keras semua anggota Kodim.

Beberapa kegiatan yang di resume oleh Yudo sekretaris PUPR Kab. Pacitan bahwa penyediaan pekerjaan jalan atau ruas jalan yang memadahi di titik-titik perbatasan dikerjakan pada tahun 2023 ini termasuk kerja terpadu TMMD Kodim Pacitan dengan Pemerintah Daerah Pacitan membangun infrastruktur jalan.