FILM  

Film “Glenn Fredly The Movie” Disutradarai Lukman Sardi Segera Memulai Proses Syuting

Marthino Lio berperan sebagai Glenn Fredly/Foto: istimewa

Jakarta, Nusantarapos – Rumah produksi DAMN! I Love Indonesia dan Adhya Pictures mengumumkan produksi terbaru film biopik berjudul “Glenn Fredly The Movie,” yang disutradarai oleh Lukman Sardi.

Film “Glenn Fredly The Movie” akan mengangkat kisah perjalanan hidup musisi legendaris yang banyak berjasa bagi dunia musik Indonesia, Glenn Fredly. Film ini akan memulai proses syuting berdekatan dengan momentum hari lahir Almarhum Bung Glenn. Sebelum proses syuting dimulai, DAMN! I Love Indonesia Pictures dan Adhya Pictures melakukan syukuran kick off syuting dan cast reveal serta melakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk memohon doa restu untuk kelancaran produksi film.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri oleh keluarga Almarhum Glenn Fredly, Mutia
Ayu (istri Glenn Fredly), Juiza Emelda Patty (adik Glenn Fredly), dan Rachel Sutanto Latuihamallo mewakili Bumi Entertainment.

Film “Glenn Fredly The Movie” diproduseri oleh produser peraih nominasi film terbaik FFI 2020 Daniel Mananta dan peraih nominasi film terbaik FFI 2017 Robert Ronny. Daniel Mananta menjelaskan alasannya mengangkat kisah hidup Glenn Fredly dalam “Glenn Fredly The Movie” adalah bermula dari momen spiritual yang ia alami pada Januari 2022.

“Sebenarnya ini berhubungan dengan spiritual moment yang saya lalui. Pada saat
itu, Januari 2022, saya tidak bisa tidur dan lagu Glenn Fredly yang berjudul Januari
itu menggantung di kepala saya. Kemudian ketika berdoa dengan Tuhan, bertanya,
maksudnya apa, kenapa lagu Glenn menggantung terus di kepala saya. Ketika itu saya mendapat jawaban dari Tuhan, untuk membuat film tentang Glenn,” cerita Daniel Mananta dalam Siaran Pers, Rabu (20/9/2023).

Salah satu yang juga membuat Daniel kagum dengan sosok Glenn adalah kebesaran hatinya terhadap Indonesia. Baginya, Glenn adalah sosok aktivis yang selalu menyuarakan sikapnya lewat musik.

Aktor pemenang Piala Citra FFI 2022 untuk kategori pemeran utama pria terbaik, Marthino Lio dipercaya memerankan Glenn Fredly. Sementara aktor peraih nominasi pemeran utama pria terbaik FFI 2005 Bucek Depp akan menjadi lawan Marthino Lio, sebagai ayah Glenn Fredly. Diva Indonesia pemenang AMI Awards 2005 untuk kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik. Daniel juga percaya semua yang terlibat di film ini adalah pilihan terbaik.

Lukman Sardi yang dipercaya sebagai sutradara “Glenn Fredly The Movie” merasa terhormat diberikan kepercayaan untuk menyutradarai film ini. Baginya, sosok Glenn Fredly merupakan pahlawan kemanusiaan.

“Sebuah anugerah yang besar saat saya dipercaya untuk menyutradarai film Glenn
Fredly The Movie ini. Sosok Glenn bukan hanya sekadar sahabat, penyanyi atau selebriti di mata saya. Tapi seorang pahlawan kemanusiaan,” ungkapnya.

Kehadiran film “Glenn Fredly The Movie” tentu menjadi angin segar bagi perfilman
Indonesia. Melalui film ini, penonton Indonesia juga akan disuguhkan kisah perjalanan dari musisi yang memiliki jasa besar bagi Indonesia. Termasuk bagaimana upayanya mengadvokasi kota kelahirannya, Ambon, mendapat predikat City of Music.