TMMD  

Ucapan Rasa Syukur Masyarakat Atas Program TMMD di Desa Tungka

Antusias dan dukungan masyarakat terhadap Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 di Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang cukup tinggi. Selain mereka bergotong royong membantu TNI menyelesaikan berbagai pekerjaan, merekapun sering kali menyediakan makanan bagi Satgas TMMD.

Hal tersebut terlihat pada kegiatan Program TMMD-104. Masyarakat setempat meyediakan makanan dan Minuman Kepada Satgas TMMD Setiap harinya secara bergiliran .Tentunya Satgas TMMD sangat bersyukur atas dukungan masyarakat secara ikhlas.

Pak Azis (32) Salah seorang warga Dusun Balimbongan mengaku bahwa jamuan makan dan minuman yang disediakannya tidak sebanding dengan yang diberikan TNI kepada masyarakat. Menurutnya, program TNI saat ini sangat membantu masyarakat, terutama Desa Tungka.

“Ini tidak seberapa pak, dan ini juga sudah menjadi kewajiban kita masyarakat. Kami sudah dibantu. Selain rasa syukur dan terima kasih, kami menyiapkan makanan dan minuman ala kadarnya buat para anggota TNI yang bekerja membangun desa kami,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak sampai pada makanan saja, tetapi selama pekerjaan ini masih berjalan di desa tersebut, masyarakat akan tetap secara suka rela akan melakukan hal yang sama seperti acara kecil-kecilan, demi menyemangati para anggota TNI.

“Dan ini kami akan lakukan selama pekerjaan ini berlangsung, karena dengan cara seperti ini kita dapat menjalin silahturahim yang lebih dekat antara masyarakat dan TNI,” imbuhnya.

Kedekatan masyarakat dengan TNI tak hanya pada saat bekerja, tetapi diluar pekerjaan—jam istirahat, mereka saling berbaur. Mengedepankan jiwa sosial sebagai prajurit TNI merupakan slogan yang diterapkan. “TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”.