TMMD  

Excavator Mini Namun Vital Membelah Bukit Maribaya Pemalang

Pemalang – Kodim 0711 Pemalang menerjunkan 1 unit excavator guna mempercepat pekerjaan pembangunan jalan tembus penghubung keterisoliran dua desa, Jatiroyom-Parunggalih. Meskipun dengan kapasitas kecil, namun manfaatnya begitu besar guna memangkas Bukit Maribaya untuk dijadikan jalan.

Akses akan memangkas jarak tempuh sebelumnya 19 kilometer memutar melewati Desa pasir menjadi 4 kilometer 10 menit menuju antar desa. Hal ini dibenarkan Serda Ridwan, operator alat berat Kodim bahwa, dalam kegiatan Pra TMMD satu unit excavator dari Kodim dibantu 1 unit dari PT. Bangkit Karya dari Kabupaten Purwokerto, telah berhasil membuka jalan yang akan diperkeras dengan batu (telford/makadam) sepanjang 805 meter dan lebar 2,5 meter.

“Untuk membuat jalan baru dengan memangkas bukit, tentu tenaga manusia tak akan mampu apalagi harus mengangkat tunggul dan akar kayu jati milik Perhutani RPH Kaliwadas KPH Pemalang yang lumayan besar dan dalam,” ungkap Ridwan.

Beghu ini selain membantu vibro roller meratakan jalan bekas dilalui armada pengangkut material TMMD, juga kini membuat saluran drainase untuk mengeringkan jalan.

“Tugas mesin dalam penggalian parit jalan, juga dibantu anggota anggota Satgas TMMD dan masyarakat setelah TMMD dibuka resmi oleh Wagub Jateng, Bapak Taj Yasin (26/2) lalu,” imbuhnya. (Aan Pendim Pemalang).