Jakarta Fashion Week 2024 Resmi Dibuka

Jakarta, Nusantarapos – Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 telah resmi dibuka hari ini, Senin (23/10/2023). Pekan mode terbesar di Indonesia ini berlangsung pada 23 – 29 Oktober 2023 di City Hall, Pondok Indah Mal III, Jakarta Selatan.

JFW 2024 menggabungkan berbagai industri kreatif dan para pelaku mode lintas generasi dalam sebuah panggung penuh gaya dan inspirasi pada sebuah tema, Fashion Continuum: Bridging Generations.

Membuka gelaran JFW 2024, Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group menyebutkan bahwa JFW adalah katalisator perkembangan fashion Tanah Air. “#FashionContinuum #BridgingGenerations adalah spirit kuat yang menggambarkan JFW sebagai wadah kreatif untuk merayakan industri mode Indonesia yang dibanggakan dan juga menjadi jembatan bagi fashion Indonesia di kancah global. Kami senantiasa ingin mendampingi, mewadahi, dan membantu mengembangkan karya desainer di setiap generasi,” jelas Svida.

Jakarta Fashion Week 2024 diawali dengan show Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode (LPM) yang menampilkan parade para alumni LPM, LPA (Lomba Perancang Aksesori), dan LPMM (Lomba Perancang Mode Menswear) dari awal kompetisi pada tahun 1979 hingga 2022. Mereka adalah Chossy Latu, Itang Yunasz, Carmanita, Denny Wirawan, Ferry Sunarto, Sally Koeswanto, Priyo Oktaviano, Andreas Odang, Billy Tjong, Albert Garry Yanuar, Natalia Kiantoro, Juliana Ng, Yelly Lumentu (Day and Night), Ansy Savitri, Frederika Cynthia Dewi, Adrie Basuki, Widi Asari, Temma Prasetyo, Kimberly Lintungan (Soeithe), Henri Winata, Sally Koeswanto, Yonatan Digo, Matias Abednego, Amelia Kartikasari, Hian Tjen, dan tak ketinggalan
Ardina Gona Gan.

Melalui opening show ini, dapat terlihat bahwa kehadiran awal LPM selama lebih dari empat dekade telah melahirkan para perancang mode yang tidak hanya sukses, tapi juga berpengaruh di Indonesia.

Berbagai persembahan yang patut ditunggu
Selama tujuh hari ke depan, JFW 2024 akan menghadirkan serangkaian program dan penghargaan yang penuh inovasi dan kreativitas sebagai bentuk kurasi berlapis oleh JFW. Lebih dari 100 perancang mode nasional dan internasional akan menampilkan karya-karya terbaiknya di runway Ada nama-nama seperti Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, Ernesto Abram, BINhouse, MORAL, Sean Sheila, Stellarissa, Sejauh Mata Memandang, Starry, Tanah Le Sae, hingga Buttonscarves, IKYK, dan Ria Miranda.

Agar JFW dapat lebih luas dinikmati oleh pemerhati fashion, JFW 2024 tak hanya bisa disaksikan secara langsung di City Hall, PIM III namun juga melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV. Tidak lupa, berbagai info terbaru dan paling update pada kanal-kanal media sosial resmi JFW, seperti Instagram, Facebook, X, dan TikTok. Hal ini berkaca dari kesuksesan JFW yang diadakan secara luring maupun daring pada tahun 2022 lalu.

Menurut Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week, tema Jakarta Fashion Week 2024 mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi dalam menghadapi perubahan zaman.

“JFW menjadi tempat di mana para perancang, label, media, dan penggemar mode dapat berinteraksi dan merayakan kreativitas bersama, dengan tujuan memajukan industri mode Indonesia dengan rasa bangga,” ujarnya.