BISNIS  

Kombinasi Treatment Injeksi, Laser, dan Skincare : Memang bisa disatukan?

Jakarta, November 2023 – Kulit wajah yang mulus, sehat, hingga awet muda merupakan goals yang banyak diidamkan oleh para wanita dari berbagai usia dan latar belakang. Maka tak heran jika skincare yang dapat membantu wanita untuk mencapai skin goals idamannya semakin populer.

Temuan ZAP Beauty Index 2023 membenarkan hal tersebut, antusias terhadap skincare lokal Indonesia, utamanya serum, facial wash dan sunscreen sebagai jenis produk skincare lokal yang paling banyak digunakan, semakin meningkat. Selain itu, lebih dari 60% wanita Indonesia menggunakan minimal empat produk skincare rutin setiap harinya.

Namun, rahasia kulit sempurna tidak hanya terletak pada penggunaan skincare. Untuk mencapai hasil yang benar-benar optimal, kombinasi antara penggunaan skincare yang tepat dan perawatan kecantikan oleh profesional dapat menjadi sebuah kunci utama. Jika selama ini keduanya cenderung erkotak-kotakkan, wanita Indonesia kini semakin melirik keduanya. ZAP Beauty Index 2023 turut mencatat treatment kulit wajah di klinik dan belanja skincare menjadi dua kegiatan kecantikan teratas yang diprioritaskan oleh para wanita.

Lalu, apa saja manfaat dari mengkombinasikan skincare dengan treatment? Mengapa treatment kecantikan di klinik bisa memberikan hasil yang tidak akan didapatkan oleh skincare?

dr. Dara Ayuningtyas selaku Vice President Medical & Training ZAP menjawab pertanyaan tersebut, “Skincare dan treatment merupakan kombinasi yang akan memberikan manfaat holistik dan efektivitas yang maksimal bagi kulit. Skincare membantu untuk menjaga kesehatan kulit sehari-hari, sementara treatment di klinik kecantikan memberikan perawatan yang lebih intensif dan mendalam. Dengan gabungan keduanya, tentu goals kulit wajah yang diidamkan dapat lebih mudah tercapai.”

dr. Dara melanjutkan bahwa terdapat beberapa masalah kulit yang sulit diatasi hanya dengan penggunaan skincare. Penuaan dini dan pigmentasi kulit yang banyak dialami oleh kelompok usia di atas 25 tahun adalah dua contohnya.

Dalam situasi seperti ini, treatment seperti perawatan laser, mikrodermabrasi, atau injeksi botox dapat memberikan hasil yang lebih dramatis dan segera. Teknologi dan prosedur lanjutan ini dapat bekerja lebih intensif dalam merangsang produksi kolagen, mengencangkan kulit, atau mengurangi masalah hiperpigmentasi.

Walaupun demikian, menurut ZAP Beauty Index 2023 jenis treatment di klinik kecantikan yang paling difavoritkan oleh para wanita tak selalu berkaitan dengan masalah kulit yang berat. Tiga treatment kecantikan populer menurut hasil survei ZAP Beauty Index 2023 adalah facial untuk membuat wajah lebih glowing (64,4%), facial untuk menghilangkan jerawat (59,7%), dan mencukur bulu ketiak (49,1%).

Saran profesional dari dermatologis dan dokter menjadi salah satu kelebihan melakukan treatment di klinik kecantikan. Mereka dapat memberikan konsultasi mengenai treatment yang cocok dengan permasalahan kulit serta mengintegrasikannya dengan produk skincare yang tengah digunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk skincare maupun treatment tidak saling bertentangan.

Terlebih, setiap treatment biasanya memiliki instruksi after care seperti tidak memakai skincare dengan kandungan bahan aktif selama beberapa hari. “Saran untuk menjeda penggunaan skincare setelah treatment bertujuan untuk memastikan kulit fokus pada penyembuhan dan pemulihan tanpa adanya faktor eksternal yang dapat mengganggu atau mengiritasinya.

Beberapa treatment yang bersifat agresif atau invasif dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif, merah, atau bahkan sedikit terluka. Dalam periode ini, kulit perlu waktu untuk pulih sembari memproses hasil treatment untuk menampakkan hasilnya,” kata dr. Dara Ayuningtyas.

Jika kamu tengah mempertimbangkan untuk mengkombiinasikan skincare dan treatment, treatment kecantikan Photo Facial dan Diamond Peel di ZAP Clinic dapat kamu coba. Photo Facial adalah treatment signature ZAP yang terdiri dari tiga rangkaian perawatan yaitu Laser Toning, IPL Rejuvenation,dan Oxy Infusion.

Manfaat Photo Facial di antaranya mengurangi produksi minyak, menstimulasi kolagen, mencerahkan, memperbaiki tekstur, melembabkan hingga mengurangi iritasi. Tak hanya fokus pada epidermis atau lapisan terluar kulit, teknologi laser Q-Switched Nd:YAG juga mampu menembus lapisan dermis. Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari Photo Facial membuat treatment ini menjadi layanan nomor satu di ZAP.

Sementara itu, Diamond Peel efektif untuk mengatasi masalah komedo membandel yang mungkin sulit terangkat dengan penggunaan skincare. Menyasar bagian epidermis paling atas, treatment ini bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, merangsang produksi kolagen dan mengurangi garis halus. Diamond Peel menjadi alternatif perawatan eksfoliasi yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Chemical Peeling serta menjadi pelengkap dari perawatan berbasis laser.

Untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu juga dapat mengkombinasikan dua jenis treatment sekaligus seperti Photo Facial Glow+DNA Salmon dan Photo Facial Glow+Yellow Laser. Kombinasi treatment laser dan injeksi ini efektif untuk membantu mencapai kondisi kulit yang kamu idamkan, serta memberikan ekstra boost untuk skincare yang kamu gunakan.

Treatment kombinasi Photo Facial Glow+DNA Salmon dapat mengatasi kerutan halus pada wajah, mengurangi area hitam di bawah mata, mengecilkan pori-pori serta memperbaiki tekstur kulit. Sementara itu, treatment kombinasi Photo Facial Glow+Yellow Laser memberikan hasil yang sangat maksimal dalam mewujudkan kulit sehat dan glowing.

About ZAP Clinic
Tentang ZAP Group

Sejak berdiri pada 2009, ZAP telah berkembang menjadi ZAP Group dengan 5 brand utama yaitu ZAP Clinic, ZAP Premiere, MEN/O/LOGY by ZAP (klinik ketampanan khusus pria), ZAP Health dan skincare Juva yang tersebar di 17 kota. Brand ZAP sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser.

ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2023, Superbrands 2019, Marketing Award 2018, Marketeers Omni Brands 2019 & 2023, TOP Digital Company Award 2021 hingga penghargaan internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES