DESA  

Grogi Didatangi Bupati, Kades Ini Pamerkan Potensi Desanya

KLATEN, NUSANTARAPOS – Menjelang akhir tahun 2023, Bupati Klaten, Sri Mulyani melanjutkan agenda sambang warga di Desa Jiwan, Kecamatan Karangnongko, Selasa (5/12/2023). Kegiatan ini merupakan program yang diinisiasi Bupati Klaten untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Jiwan, Sulardi mengaku grogi saat menyambut Bupati Klaten bersama jajaran OPD dalam sambang kali ini. Pasalnya, Sulardi merupakan kades anyar yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2023 dan baru dilantik pada September lalu.

“Saya sebenarnya grogi, baru sekali ini saya berdiri dan berbicara di depan Bupati, apalagi saya baru dua bulan menjabat sebagai kades,” ungkapnya.

Namun, meski grogi, Sulardi justru memamerkan potensi desanya khususnya dalam bidang seni budaya. Di antaranya eksistensi sanggar seni tari jathilan yang telah dikenal hingga di luar daerah, kelompok seni musik campursari, hingga pedalangan ketoprak dan karawitan yang telah banyak mengukir prestasi.

“Dengan potensi di desa kami, bahkan ada beberapa pemeran ketoprak yang ikut andil mengangkat nama Kecamatan Karangnongko hingga pernah meraih juara dalam festival ketoprak yang digelar Dewan Kesenian Klaten. Kami berharap ada perhatian khusus dari dinas terkait untuk potensi ini,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan aspirasi yang disampaikan warga, di antaranya terkait pemberdayaan UMKM setempat hingga pembangunan kantor pemerintah desa yang masih terkendala alih status tanah yang belum usai.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi potensi Desa Jiwan yang disampaikan dalam sambang warga kali ini. Ia meminta masyarakat terus melestarikan seni budaya yang ada agar dapat dinikmati generasi yang akan datang.

Terkait aspirasi masyarakat, Sri Mulyani menyampaikan sambang warga menjadi wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya di tingkat desa untuk dijadikan pedoman dalam perencanaan pembangunan daerah selanjutnya.

“Karena kemanfaatannya, ke depannya sambang warga akan terus diadakan Pemerintah Kabupaten Klaten agar aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik,” katanya.