DAERAH  

KPP Pratama Tuban Genjot Pertumbuhan UMKM dengan BDS

Tuban, Nusantarapos – KPP Pratama Tuban mengadakan acara Business Development Services (BDS) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan perdagangan (Diskopumdag) Pemkab Tuban di kantornya, Jumat (8/12) pagi.

Dengan menggelar bazar dan pameran produk UMKM di halaman kantor Jl. Pahlawan,Tuban. Sejak pagi stand UMKM khas warna kuning berjejer menyajikan aneka produk. Mulai dari olahan siap saji, makanan ringan hingga produk bahan jadi.

Hal ini dilakukan sebagai wujud sengkuyung dalam meningkatkan perekonomian mikro. Di tengah masa penyembuhan usai wabah covid melanda, sebagain usaha warga Bumi Ronggolawe nampak goyah. Lesunya perekonomian mikro mengakibatkan kepulan asap dapur mengering. Kini, merambat pertumbuhan ekonomi global sudah mulai merangkak naik. Selaras akan hal itu, hasil usaha mikro di Kabupaten Tuban juga ikut terdongkrak.

Acara BDS, merupakan bagian andil kantor perpajakan ini untuk mensuport sistem pertumbuhan dari sektor mikro. Yakni dengan cara mengadakan pembelajaran Digital Marketing bersama puluhan pelaku UMKM. Materi mulai dari penyiapan bahan jualan, packing hasilnya bahkan hingga tata cara penjualan.

Dengan memaksimalkan ponsel yang sudah berbasis teknologi informasi, jualan semakin gampang. Ditunjang dengan platform di media sosial yang lapang, menjadikan proses tawar menawar semakin mudah. Kesempatan ini, dipergunakan oleh KPP Pratama Tuban untuk menggenjot pelaku usaha mikro agar semakin bertambah nilai omzetnya.

“Kita adakan Sosialisasi digital marketing agar lebih menarik dan mempermudah UMKM untuk berkembang. Ini adalah Program Nasional yang wajib dilakukan setiap kantor, dengan tujuan membantu UMKM supaya bisa berkembang, ” seru Kasi Pelayanan, KPP Pratama Tuban, Tommy Wiryawan.

Bertemakan Business Development Services, Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro Pada Sub Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi, berjalan sangat antusias. Puluhan pelaku usaha di bumi ronggolawe itu sedang menerima pembinaan mental dan teori dalam berwirausaha.

Salah satu peserta juga menuangkan kegembiraannya bisa menjadi bagian dari terobosan ilmu usaha yanh diberikan oleh tim KPP Pratama Tuban. Mulai dari materi hingga aplikasi dalam penjualannya.

“Senang sekali KPP Pratama Tuban mengadakan acara BDS seperti ini. Acaranya meski sederhana, namun meriah karna dikemas dengan menarik dan seru. Ada musik live performa dengan panggung dan alat musik, bagi doorprise dan ilmu digital marketing,” kata Devi, pengusaha mikro yang menjajakan keripik kentang.

Dara cantik, asal Kecamatan Montong itu nampak sibuk menjual dagangannya sembari sesekali menjelaskan bahan baku dan cara pembuatan hasil usahanya. Selain menjual secara langsung, dirinya juga menyajikannya melalui Online.

Hasil yang didapatkan juga tidak kalah banyak. Ditunjang dengan sosialisasi Digital Marketing yang disajikan oleh KPP Pratama Tuban, memanyabkan dirinya untuk lebih maju.

“Memang banyak hal yang harus disiapkan kalau memakai marketing online, setelah bisa semakin mudah, ” imbuhnya.