EVENT  

Libatkan ABK, Drama Musikal Kasih Menembus Batas Bawa Pesan Saling Menghormati

Jakarta, Nusantarapos – Komunitas Perempuan Peduli dan Berbagi (KPPB) berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan Komunitas Happy Healthy Holy (Ha He Ho) mempersembahkan drama musikal “Kasih Menembus Batas” di Balai Sarbini Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2023 sekaligus memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2023.

Drama musikal bertajuk Kasih Menembus Batas ini menampilkan sebagian besar Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK), yaitu anak-anak yang memiliki keterbatasan secara fisik, mental, intelektual dan emosional. Keinginan untuk merangkul anak-anak inilah yang menginspirasi Yayasan Komunitas Peduli dan Berbagi (KPPB) yang dikomandani oleh Meiline Tenardi untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus menunjukkan bakat-bakat luar biasa serta kreatifitas dalam satu pagelaran yang dapat menjadi wadah mereka berkarya.

“Kami berinisiatif mengajak anak-anak difabel dan non difabel, sekitar 152 anak. Kita menyediakan wadah seni kreatif yang berbentuk pagelaran drama musikal yang bertemakan kasih menembus batas yang disutradai ibu Diah sendiri, ” kata Meiline Tenardi selaku founder Yayasan Komunitas Perempuan Peduli dan Berbagi (KPPB) saat Konferensi Pers di depan awak media.

Disutradarai oleh Diah Kusuma Wijayanti selaku Founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI), drama musikal ini mengedepankan konsep mengenai kebersamaan dalam keberagaman dan perbedaan dengan menjunjung nilai-nilai saling menghargai dan saling menghormati.

Kasih Menembus Batas bercerita tentang 5 anak dengan latar belakang agama berbeda yang prihatin dengan isu Intoleransi yang marak berkembang di sosial media belakangan ini. Lewat acara ini anak-anak saling bersatu, membentuk satu pagelaran untuk menunjukkan sikap saling menghormati dan mengasihi lewat karya dan bakat yang bisa mereka tampilkan.

Pagelaran Drama Musikal Kasih Menembus Batas juga menampilkan public figur seperti Merry Riana, Gritte Agatha, grup acapella Jamaican Cafe, juara wushu dunia Edgar Xavier Marvelo, didukung juga MC terkenal Choky Sitohang.

Pada acara ini pula, Yayasan Komunitas Perempuan Peduli dan Berbagi (KPPB) juga mengadakan aksi peduli kasih atau aksi sosial sebanyak dua kali setiap tahunnya yaitu saat Natal dan bulan Ramadan. Saat ini, KPPB juga menyerahkan donasi kepada lima yayasan anak-anak, yakni Yayasan Triasih, SLB Pangudi Luhur, YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia), POTADS (Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome) dan Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala.

“Kami KPPN dengan senang hati berdonasi kepada 5 yayasan Anak Berkebutuhan Khusus dan anak penderita kanker senilai masing-masing Rp 100 juta. Besar harapan kami semoga ke depannya Anak Berkebutuhan Khusus ini memperoleh ruang dan kesempatan yang lebih luas lagi untuk mereka bisa berekspresi, berkarya, dengan harapan bisa setara dengan anak-anak lainnya, ” harap Meiline.

Di tempat sama, Romo Yostinus selaku perwakilan dari Komunitas Ha He Ho menyatakan, “Anak Berkebutuhan Khusus ini sangat cocok dengan visi keuskupan agung Jakarta yaitu menghormati siapapun itu. Biarlah drama musikal yang dimainkan anak-anak ini dapat memberikan contoh lintas suku, lintas agama ini bergembira di atas panggung, ” terangnya.

Acara ini akan disiarkan secara live streaming melalui channel Youtube Komunitas Perempuan Peduli dan Berbagi (KPPB), Youtube Hidup TV, Youtube PusPas KAJ Samadi pada hari Kamis, tanggal 14 Desember 2023 mulai pukul 16:00 WIB dari Balai Sarbini Jakarta. (Arie)