DAERAH  

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan Driver Ojol dalam Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Surabaya, Nusantarapos.co.id – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (25/01/2024).

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dan Mitra Ojek Online dalam mendukung program Pemerintah dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat yang bekerja khususnya pada sektor informal. Melalui kegiatan sosialisasi, para Mitra Ojek Online dapat terinformasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kegiatan sosialisasi seperti ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran Tenaga Kerja tentang pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, khususnya pada pengemudi ojek online dimana risiko pekerjaan cukup tinggi. Dengan BPJS Ketenagakerjaan, risiko ekonomi yang mungkin dapat timbul dapat terlindungi,” Ungkap Theresia.

Adapun saat ini peserta Mitra Ojek Online dapat menjadi peserta mandiri atau program Bukan Penerima Upah. Iuran yang dibayarkan mulai dari Rp16.800/orang dengan 2 program (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian) atau Rp 36.800/Orang dengan mengikuti 3 program (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua).

“Kami harap seluruh Tenaga Kerja termasuk pengemudi Ojek online dapat segera terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan, agar apabila terjadi musibah, semua kami cover. Para driver online tidak perlu membayar biaya rumah sakit” pungkas Theresia.(Aryo).