Hadapi Pemilu 2024, Danrem 081/DSJ Siagakan 1.700 Personel

Surabaya, – Ribuan personel disiagakan Korem 081/DSJ untuk mengawal jalannya pelaksanaan Pemilu 2024.

“Secara keseluruhan, kami siapkan 1.700 personel yang tersebar di seluruh jajaran, meliputi 11 kota dan kabupaten,” kata Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono ditemui usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Serentak dalam rangka Kesiapan TNI untuk Pengamanan Pemilu 2024, bertempat di Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Kamis (1/2/2024).

Danrem menyebut, penyiapan ribuan personel itu bertujuan untuk mewujudkan Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Komitmen kami TNI jelas, kami siap mengawal pesta demokrasi nantinya supaya berjalan dengan aman dan damai,” ujarnya.

“Tentunya tak hanya kami TNI saja, pastinya seluruh rakyat juga menghendaki demikian (Pemilu berjalan aman dan damai),” sambungnya.

Lanjut, kata Danrem, pada pelaksanaan pengamanan nanti, para personel di jajarannya akan bersinergi dengan aparat kepolisian dan pemerintah daerah.

Meski demikian, pamen TNI AD itu menegaskan, sesuai dengan Undang-Undang, tugas pengamanan TNI pada Pemilu 2024 merupakan tugas perbantuan terhadap Polri.

“Karena sifatnya perbantuan kepada Polri, maka pengamanan Pemilu yang akan kita lakukan nanti juga menunggu permintaan dari Polri, dalam hal ini satuan Polri di Jawa Timur, baik di tingkat Polda maupun Polres-Polres,” terangnya.

Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay juga tampak dihadiri oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.