FILM  

Sama-sama Pemberontak, Jefri Nichol Akui Karakternya Mirip Ali Topan

Jefri Nichol dan Lutesha/Foto: dok. Poplicist

Jakarta, Nusantarapos – Jefri Nichol kembali menunjukan kualitas aktingnya dengan berperan sebagai Ali Topan.

Jefri mengaku deg-degan memerankan tokoh yang dikenal dengan jiwa pemberontaknya itu. Apalagi karakter Ali Topan yang diangkat dari novel karya Teguh Esha ini sudah pernah beberapa kali difilmkan, yang pertama kali di tahun 1977.

“(Tahun) 2022 aku baca buku sama nonton filmnya dan baru ngeh karena Ali Topan bisa besar karena jiwa pemberontak, jiwa ingin bebasnya itu mungkin menginspirasi orang yang nonton filmnya dan baca bukunya pada jaman itu, ” kata Nichol usai Press Screening di XXI Epicentrum Walk Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Cowok 25 tahun itu pun merasa memiliki kesamaan bahwa jiwa Ali Topan yang pemberontak juga ada pada dirinya. “Spirit (semangat jiwa) gue sama Ali Topan? Menurut gue udah cukup Rebel (pemberontak) sih, kayaknya semua orang udah tahu kalau gue cukup Rebel. Bedanya Ali Topan lebih pinter dari gue, ” terangnya.

Di film ini dia juga mendapat kesempatan beradu akting bersama Lutesha. Meski awalnya merasa canggung, lama-kelamaan mereka bisa akrab satu sama lain dan saling menemukan chemistry.

“Seneng sih, ini pertama kali ada akting sama Lutesha. Awalnya takut karena mengintimidasi banget mukanya, tapi lama kelamaan love-nya muncul, ” paparnya.

Film Ali Topan bercerita tentang Ali Topan (Jefri Nichol) yang berasal dari keluarga kaya namun memilih menghabiskan waktu di
jalanan Blok M dan Warung Seni di bawah asuhan Opung Brotpang (Ari Sihasale) bersama gengnya, Dudung (Reza Hilman), Bobby (Omara Esteghlal) dan Gevaert (Bebeto Leutualy).

Pertemuannya dengan Anna Karenina (Lutesha), anak dari keluarga penguasa bisnis properti memberi warna pada hidup Ali Topan. Ali dan Anna saling jatuh cinta, tapi sayangnya hubungan mereka ditentang keras oleh orangtua Anna. Kekecewaan yang tak terbendung mendorong Ali dan Anna untuk pergi berpetualang bersama menembus jalanan lintas kota pulau Jawa, demi mencari masa depan baru.

Namun dalam perjalanannya, banyak pihak berusaha melacak dan memburu mereka, termasuk Boy (Alex Matthew) yang tidak suka dengan kebersamaan Ali dan Anna. Ali Topan pun dituduh menjadi dalang dari kerusuhan di Warung Seni dan melakukan penculikan terhadap Anna. Bisakah keberanian Ali Topan dan Anna Karenina mengalahkan semua orang yang menentang? Apakah Ali Topan akan terus bersama Anna Karenina?

Film Ali Topan mulai tayang 14 Februari 2024 di bioskop. (Arie)