DAERAH  

BKKBN dan Anggota DPR Cucun Ahmad Syamsurijal Gelar Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana

Kab. Bandung, Nusantarapos – BKKBN Provinsi Jawa Barat bersama Anggota DPR Dr. H. Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag., M.A.P menggelar Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana di GOR Futsal Dwi-Q, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (5/2/2024).

Turut hadir Syaeful Anwar, S.Sos., M.Pd selaku Widyaiswara Ahli Pertama BKKBN Provinsi Jawa Barat dan pihak terkait.

Diketahui, Bangga Kencana adalah program unggulan BKKBN yang artinya Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Pada kesempatan itu, anggota DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi para kader KB yang fokus melakukan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan Stunting.

“Karena kader – kader KB ini cukup luar biasa cepat melakukan pengawalan kepada penduduk kita, masyarakat kita. Saya sendiri di Jakarta itu mengapresiasi kepada mereka kader KB yang melakukan sosialisasi terkait bagaimana pentingnya program prioritas pemerintah yang dilakukan oleh mereka seperti bagaimana dari pembangunan SDM kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi dan balita. Bagaimana kesehatan usia sekolah, penurunan Stunting, pendidikan kualitas pendidikan, kemudian juga melakukan penataan penataan mengenai cara kerja juga BKKBN sampai kader-kader KB di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi program bangga kencana yang bertujuan untuk mengendalikan penduduk serta membina keluarga yang berkualitas.

“Kami sebagai anggota DPR melihat bagaimana fungsi-fungsi yang dilakukan oleh semua stakeholder penanganan kependudukan seperti semalam kita dengar didebat jangan ada lagi ucapan anak-anak atau soal kesehatan ataupun juga ibu-ibu hamil tidak tertangani, ” terang Cucun Ahmad Syamsurijal.

Dalam kesempatan yang sama Syaeful Anwar, S.Sos., M.Pd selaku Widyaiswara Ahli Pertama BKKBN Provinsi Jawa Barat menyampaikan mengenai program yang diperuntukkan dalam rangka mencegah Stunting.

“Sosialisasi yang kemudian kita liat disini yaitu ada KIE, minimal ibu bapak semua ya nanti kalau keluar pak abis dari kegiatan apa. KIE apa itu? KIE nah KIE itu terdiri dari tiga huruf kepanjangannya K yang pertama adalah komunikasi. Komunikasi berarti kita bicara ngobrol jadi ada penyampaian pesan itu namanya komunikasi. Kemudian I yaitu informasi. Informasi adalah gabungan fakta yang bermanfaat buat kita. Dan yang terakhir yaitu E adalah edukasi. Edukasi disini bukan sekedar sampai kepada tahap pengetahuan saja. Bukan, “ jelasnya.

Dia pun ingin program Bangga Kencana bisa mengedukasi masyarakat tentang stunting. “Jadi setelah diberikan komunikasi, informasi oh iya kita diberi tahu. Oh iya ya, tetapi setelah itu kita harus sampai tereduksi. Namanya orang tereduksi, terdidik adalah orang yang mau merubah pengetahuannya. Dan ada program Bangga Kencana, ” pungkas Syaeful Anwar.