Dukung Pemberdayaan Petani Perempuan, Eratani Resmi Luncurkan Program Komunitas “Sang Rani”

Jakarta, 5 Maret 2024 – Perempuan memiliki peran penting dalam pengembangan lanskap pertanian, baik sebagai petani, pekerja, maupun pengelola rumah tangga yang mendukung kegiatan pertanian. Meskipun signifikan, peran perempuan dalam sektor pertanian cenderung terhambat oleh berbagai kendala. Sebagai aksi nyata dalam mendukung upaya pemberdayaan dan kemandirian perempuan di sektor pertanian, Eratani resmi meluncurkan program komunitas petani perempuan yang diberi nama “Sang Rani” yang berarti wanita tangguh. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang inklusif bagi para petani perempuan agar dapat lebih berkembang dan memiliki otoritas terhadap kegiatan pertanian mereka.

Menurut laporan Food and Agriculture Organization yang dirilis pada tahun 2023, perempuan yang melakukan pekerjaan pertanian memperoleh upah yang lebih rendah dibandingkan laki-laki. Selain itu, akses pelatihan, kesenjangan dalam kepemilikan lahan, akses ke pembiayaan, serta penggunaan teknologi yang cenderung dirancang untuk laki-laki juga masih menjadi tantangan hingga saat ini. Kondisi tersebut berdampak pada kesenjangan produktivitas sebesar 24% antara petani perempuan dan laki-laki di lahan pertanian dengan ukuran yang sama.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN), terdapat sekitar 24% lahan di Indonesia yang terdaftar atas nama perempuan. Menariknya, 30% Petani Binaan Eratani adalah perempuan dimana petani yang tergabung dalam ekosistem Eratani memiliki syarat atas minimal 0,5 hektar kepemilikan lahan. Co-Founder dan CEO Eratani, Andrew Soeherman, mengatakan, “Peresmian program Sang Rani adalah bukti komitmen kami untuk mendukung program pemerintah, terutama penerapannya yang dikhususkan untuk petani perempuan. Kami menyadari bahwa petani perempuan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Kami berharap, program ini dapat membangun kesadaran dan meningkatkan kepedulian kita untuk bersama-sama memberdayakan perempuan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).”

Photo caption: Peluncuran program komunitas
Photo caption: Peluncuran program komunitas “Sang Rani” di Karawang

Kepala Bidang Pengarusutamaan Gender Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak Karawang, Siti Komarianingsih, menambahkan, “Kami sangat antusias dengan peluncuran program Sang Rani. Kami yakin dengan dukungan yang tepat, para petani perempuan dapat lebih memaksimalkan potensi dirinya. Kami akan turut serta mendampingi Eratani untuk terus melakukan pemberdayaan perempuan.” “Sejak bergabung dengan Eratani, saya merasakan sendiri peningkatan pada hasil pertanian saya. Ditambah lagi saat ini Eratani punya kegiatan untuk perempuan. Saya jadi merasa semakin didampingi dan didukung bukan hanya soal pertanian, tapi juga tentang peran kami di dalam keluarga,” tutup Yanti, Petani Binaan Eratani.

Menyambut Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2024, Eratani telah menyelenggarakan sesi pelatihan keuangan, dengan dihadiri oleh 105 petani perempuan di wilayah Karawang, sebagai langkah awal dalam peluncuran program Sang Rani. Melalui inisiatif ini, Eratani ke depannya berkomitmen untuk secara berkelanjutan menyelenggarakan program peningkatan pengetahuan dengan berbagai topik yang variatif dan relevan untuk petani perempuan dalam ekosistem yang tersebar di seluruh wilayah operasional.

About PT Eratani Teknologi Nusantara
Berdiri sejak tahun 2021, Eratani merupakan perusahaan teknologi pertanian yang menyediakan akses pendanaan, pendampingan, serta akses pasar dengan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Melalui penyediaan ekosistem yang komprehensif dan terintegrasi dari hulu hingga hilir, Eratani saat ini telah menggandeng lebih dari 22.000 petani yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Dengan pendampingan penuh, saat ini Eratani telah membantu petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian sebesar 29%. Sebagai ecosystem builder, Eratani juga telah menjalin kerja sama dengan 500 kios pertanian dan 70 penggilingan padi (Rice Milling Units). Di tahun 2023, Eratani telah memperoleh penghargaan sebagai Top 3 Best Agritech in the World dari G20 Digital Innovation Alliance.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES