Berbagi Kebahagiaan di bulan Ramadhan, Ikatan Notaris Indonesia Santuni Ratusan Anak Yatim & Piatu

Foto bersama jajaran PP INI usai memberikan santunan secara simbolis kepada anak yatim & piatu.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Memasuki sepuluh malam akhir Ramadhan 1445 Hijriah, Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) dibawah pimpinan Tri Firdaus Akbarsyah (Ketum) dan Agung Iriantoro (Sekum) menggelar santunan sekaligus buka puasa bersama dengan ratusan anak yatim piatu dari Yayasan Marhamah Cipanang, Jakarta Timur Yayasan Riyadhul Muhsinin Pondok Gede, Bekasi dan Yayasan Az Zikro, Kalimalang, Jakarta Timur.

Acara santunan dan buka puasa bersama tersebut diadakan di Gedung Pusdiklat dan Sekretariat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia Jl. Minangkabau Timur, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024), dengan mengambil tema “Ramadhan Berkah, Menjaga Kebersihan Hati Untuk Merajut Kebersamaan”. Acara dibuka dengan sholat ashar bersama dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran serta siraman rohani oleh Ustadz Arifin Jayadiningrat.

Ketua Umum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah didampingi Ketua Panitia Sri Esti Sumiati Apung sedang memberikan santunan kepada anak yatim piatu & piatu.

Dalam tausyiahnya Ustadz Arifin Jayadiningrat menyampaikan taqwa itu adalah rasa bersama Allah, karena taqwa ada rasa cinta dan takut. Dengan berpuasa Allah mendidik kita agar merasa selalu bersama Allah dan selalu merasa diawasi Allah.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia seperti Anjarini (Humas), Taufik (Kabid.Organisasi), Herna Gunawan (Kabid. Magang), Hustam Husain (Kabid. Aset), Ketua Pengwil INI DKI Jakarta Ruli Iskandar, Ketua Pengda INI Karawang Juniety Dame Purba dan beberapa notaris dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Umum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah mengatakan bahwa di tahun 2024, Ikatan Notaris Indonesia ini berumur 116 tahun, maka sebagai ungkapan tanda cinta kasih dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa acara santunan ramadhan dan buka puasa bersama ini diadakan.

Sekretaris Umum PP INI Agung Iriantoro didampingi Kabid. Aset Hustam Husain sedang memberikan santunan kepada anak yatim & piatu.

“Semoga ramadhan ini memberikan berkah, dan menjaga kebersihan hati kita untuk merajut kebersamaan. Dan kepada anak-anak apa yang diberikan jangan dilihat dari jumlahnya yang terpenting keikhlasan,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama Tri Firdaus menegaskan kegiatan santunan ini adalah rutin kita laksanakan setiap tahun saat bulan ramadhan. Pada kesempatan ini kami juga memohon doa kepada adik-adik semua karena bisa menyelenggarakan santunan di gedung Pusdiklat INI.

“Meskipun gedung belum sepenuhnya jadi, tapi alhamdullilah bisa kita laksanakan. Insha Allah dalam beberapa bulan ke depan, sekretariat juga akan tetap di sini (Gedung Pusdiklat,red),” katanya.

Foto bersama jajaran PP INI usai memberikan santunan dan buka puasa bersama di Gedung Pusdiklat INI.

Lanjut Tri, kita melihat gedung ini cukup megah dan bisa menjadi ikon baru bagi Ikatan Notaris Indonesia. Saya berharap kepada teman-teman bisa mendoakan agar gedung ini segera selesai sehingga bisa gunakan dan organisasi semakin solid karena PP INI adalah yang mengayomi notaris di seluruh Indonesia.

“Adapun kegiatan ini berhasil diselenggarakan berkat partisipasi dari seluruh anggota sehingga bisa terkumpul dana lebih dari 100 juta rupiah, dimana dana tersebut kita habiskan untuk kegiatan anak-anak yatim di beberapa panti asuhan. Dan pada hari ini ada ratusan anak yatim yang kami santuni, sisa dana terkumpul akan kita salurkan langsung ke beberapa panti asuhan yang ada,” tuturnya.

Ketua Panitia santunan dan buka puasa anak yatim dan piatu Sri Esti Sumiati Apung, Ketum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah dan Sekum PP INI Agung Iriantoro.

Tri Firdaus pun optimis jika Gedung Pusdiklat INI akan rampung di bulan Mei 2024.”Insha Allah pada bulan Mei gedung ini akan kita gunakan yang terdiri dari 4 lantai, dimana lantai atas bisa kita gunakan untuk kegiatan pendidikan. Adapun 2 lantai jika kita buka itu bisa digunakan untuk kegiatan yang menampung ratusan orang,”ucapnya.

Adapun terkait legalitas, tambah Tri, saat ini masih atas nama PT Ikatan Notaris Indonesia dimana pemegang sahamnya adalah notaris para senior.

Foto bersama jajaran PP INI dengan anak yatim & piatu usai buka puasa bersama dan pemberian santunan di Gedung Pusdiklat INI.

Sementara itu Ketua Panitia Santunan Ramadhan dan Buka Puasa Bersama PP INI, Sri Esti Sumiati Apung menyatakan bahwa INI sebagai wadah tunggal perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia pastinya senantiasa berperan aktif dengan berbagai kegiatan yang dilakukan perkumpulan.

“Dengan semangat ukhuwah Islamiyah mari hilangkan semua perbedaan dan satukan kebersamaan membesarkan organisasi,”ujarnya.

“Tahun ini bukber dan santunan anak yatim diberikan kepada tiga yayasan sebanyak 100 orang, yang akan mendapatkan uang tunai dan body back. Kepada rekan semua yang telah memmberikan sumbangannya semoga menjadi berkah dan dilimpahkan rejeki yang berlimpah,” tutupnya.