Komitmen Terhadap Pertanian, Dandim Trenggalek Salurkan Bantuan Alsintan

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Komandan Kodim 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto bersama Wabup Trenggalek Syah Muhammad Natanegara terus berkomitmen serius pada sektor pertanian.

HalĀ ini dibuktikan dengan menyalurkan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada petani untuk mendukung dan meningkatkan produktivitas para petani, Selasa (23/4/2024).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendukung petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Mas Syah sapaan akrab Wabup muda tersebut.

Mas Syah juga mengatakan bantuan yang diserahkan oleh Kementerian Pertanian kepada kelompok tani ini mencakup 1 unit traktor dan 47 unit pompa air.

Dengan semangat simbolis, secara resmi alat tersebut diserahkan kepada para petani yang hadir. Tindakan ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan militer dalam mendukung sektor pertanian sebagai tulang punggung ekonomi lokal.

“Bahwa pompa air dan alsintan menjadi peralatan vital dalam mempermudah proses pertanian, dan dengan bantuan ini diharapkan petani dapat bekerja lebih efisien,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Komandan Kodim 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A. menambahkan bahwa meskipun bantuan ini diberikan secara gratis kepada petani, namun penting bagi kelompok tani untuk menjaga dan memelihara Alsintan tersebut sebagai aset bersama.

Hal ini mencerminkan semangat kolaborasi dan kebersamaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Trenggalek. Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, semangat dan kepercayaan diri para petani Trenggalek akan semakin bertumbuh.

“Komunitas pertanian yang kokoh dan mandiri akan menjadi kunci utama untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri serta berkontribusi pada ketahanan pangan nasional,” tegasnya.

Melalui kerjasama antara pemerintah daerah diimbuhkan Dandim murah senyum tersebut bahwa militer dan masyarakat petani menapaki langkah yang lebih kokoh menuju masa depan pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan.