Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Hari OTODA ke-28

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Target ekonomi dan lingkungan yang sehat menjadi misi Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam memperingati hari Otonomi Daerah (OTODA) ke-28 tahun 2024.

Selain itu, peringatan tersebut berbarengan dengan Hari Pendidikan Nasional, HUT ke-74 Kesatuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan HUT ke-64 Satuan Perlindungan Masyarakat.

“Tema yang diambil dalam peringatan Hati OTODA ke -28 ini, Otonomi Daerah Berkelanjutan menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat,” kata Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, Kamis (25/4/2024).

Mas Syah juga menyampaikan hal ini selaras dengan visi RPJMD Kabupaten Trenggalek tahun 2025-2045, Kabupaten Trenggalek Net Zero Carbon dengan Berpendapatan Tinggi yang Berdaya Saing Kolektif.

Ada tiga misi yang diambil dalam visi tersebut. Diantaranya mewujudkan ekosistem lestari untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Kemudian mewujudkan ekonomi inklusif dan peningkatan produktifitas daerah melalui infrastruktur berkualitas, merata dan berkelanjutan.

“Sedangkan misi ketiganya yaitu mewujudkan SDM berkualitas, berkarakter dan berbudaya ditopang dengan pelayanan publik yang progresif-kolaboratif,” ungkapnya.

Diimbuhkan Mas Syah, Visi misi diatas menunjukkan semangat dalam memperjuangkan pembangunan yang berkelanjutan menunu ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

Semua memiliki tanggungjawab menjaga alam sekitar. Dengan menelurkan kebijakan-kebijakan yang berkelanjutan dan memastikan pertumbuhan ekonomi dengan tidak merusak lingkungan.

“Tapi justru dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” ucapnya.

Mas Syah juga menegaskan harus bisa terwujud semua komponen masyarakat, mulai dari pemerintah daerah dunia usaha dan masyarakat. Tentunya dengan bahu membahu dalam mewujudkannya. (ADV)